Peningkatan Hasil Belajar Siswa Tentang Perpindahan Panas Melalui Penerapan Pendekatan Contextual Teaching And Learning Sdn 02 Trimulyo Pati

Prastama, Yanuardi Puguh (2016) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Tentang Perpindahan Panas Melalui Penerapan Pendekatan Contextual Teaching And Learning Sdn 02 Trimulyo Pati. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (425kB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (219kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (259kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (429kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V_.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (220kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (55kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (115kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
Lampiran-lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) mendeskripsikan penerapan pendekatan CTL dalam pembelajaran IPA. 2) menganalisis sejauh mana peningkatan hasil belajar IPA dengan diterapkannya pendekatan CTL pada siswa kelas IV SDN 02 Trimulyo Pati tahun pelajaran 2014/2015 Model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) adalah suatu konsep belajar mengajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkannya dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari sebagai anggota keluarga dan masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini lebih mengarah ke diskusi dan tanya jawab untuk menggali siswa dalam proses menilai. Hipotesis tindakan penelitian ini adalah CTL dapat diterapkan dengan baik pada pembelajaran IPA materi perpindahan panas pada siswa kelas IV SDN Trimulyo 02 dan penerapan CTL dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi perpindahan panas bagi siswa kelas IV SDN Trimulyo 02 tahuan ajaran 2014/2015. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SDN Trimulyo 02 dengan subjek penelitian adalah guru dan 23 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Variabel bebas adalah model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar IPA. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Tes berupa tes pilihan ganda yang berjumlah 20 soal di setiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan ketuntasan hasil belajar IPA siswa materi perpindahan yang cukup signifikan antara hasil prasiklus (56%), hasil siklus I (71%) dan hasil siklus II (86%), didukung dengan peningkatan aktivitas belajar IPA siswa dari persentase siklus I 3,13% (Baik) menjadi 3,7% (Sangat Baik) di siklus II. Pengelolaan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) juga mengalami peningkatan dari persentase siklus I 82% (Baik) menjadi 85% (Sangat Baik) pada siklus II. Simpulan dalam penelitian ini yaitu penerapan model Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Trimulyo 02 tahun pelajaran 2014/2015. Selanjutnya, peneliti memberikan saran kepada siswa untuk bersungguh-sungguh dalam kegiatan pembelajaran dan berlatih menggali nilai-nilai yang terkandung dalam materi IPA agar dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Bagi guru model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat dijadikan refensi dalam pembelajaran, khususnya IPA. Bagi sekolah hendaknya menyediakan media pembelajaran yang lebih variatif untuk menunjang proses pembelajaran.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing : Khamdun, S.Pd., M.Pd.,
Kata Kunci: Contextual Teaching and Learning (CTL), Hasil Belajar, IPA
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 02 Nov 2016 05:40
Last Modified: 02 Nov 2016 05:40
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6153

Actions (login required)

View Item View Item