Peningkatan Hasil Belajar Matematikamelalui Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisionmateri Perbandingan Dan Skala Pada Siswa Kelas V Sd 03 Wergu Wetan Kudus

BUDIONO, AHMAD EKO (2016) Peningkatan Hasil Belajar Matematikamelalui Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisionmateri Perbandingan Dan Skala Pada Siswa Kelas V Sd 03 Wergu Wetan Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (573Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (225Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (592Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (630Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (1316Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (226Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (99Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (207Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (4Mb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas V SD 3 Wergu Wetan pada bidang studi Matematika materi perbandingan dan skala melalui model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) (2) Menemukan peningkatan keterampilan guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran Matematika pada materi perbandingan dan skala dengan diterapkannya model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) pada siswa kelas V SD 3 Wergu Wetan. Peningkatan hasil belajar siswa tersebut dapat dilakukan dengan model pembelajaran yang inovatif dan cocok bagi penelitian ini model pembelajaran yang digunakan adalah model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) yang mengutamakan adanya kerjasama antar siswa dalam kelompok dengan langkah-langkah 1) menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa, 2) menyajikan/menyampaikan informasi, 3) mengorganisasikan siswa dalam kelompok-kelompok belajar, 4) membimbing kelompok bekerja dan belajar, 5) evaluasi 6) memberikan penghargaan. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V 3Wergu Wetan Kudus dan keterampilan guru dengan menerapkan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD). Penelitian dilaksanakan selama 3 bulan yaitu bulan Februari sampai dengan April 2016. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Taggart dengan 4 tahap tindakan antara lain: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD 3Wergu Wetan berjumlah 26 siswa diantaranya 12 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data adalah tes, observasi, dokumentasi, dan instrumen. Analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini berhasil jika 75% siswa tuntas dengan rata-rata diatas 64. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran matematika materi perbandingan dan skala. Pada pra siklus nilai rata-rata siswa mencapai 47,69 dengan ketuntasan belajar siswa mencapai 26,92%. Pada siklus I nilai rata-rata 67,11 dengan ketuntasan belajar siswa mencapai 61,54%. Pada siklus II nilai rata-rata 78,27 dengan ketuntasan belajar siswa mencapai 88,46%. Pada keterampilan guru dalam model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) siklus I pertemuan 1 diperoleh skor 90 dengan persentase 75%, sedangkan pertemuan 2 dengan skor 101 dengan persentase 84,17%. Pada siklus II pertemuan 1 diperoleh skor 103 dengan persentase 85,83% dan pertemuan 2 diperoleh skor 104 dengan persentase 86,67%. Hal ini berarti dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar dan pengelolaan keterampilan guru pada kelas V SD 3Wergu Wetan dalam mata pelajaran matematika. Saran yang diajukan dalam penelitian ini adalah yang pertama, sebaiknya model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dilaksanakan untuk kelas kecil (jumlah siswa antara 20-30 siswa). Kedua,guru hendaknya menyampaikan materi menggunakan alat peraga agar siswa tertarik.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Pembimbing : Dr. Murtono, M.Pd.,
                    Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Matematika, Student Teams Achievement Division (STAD).
                    Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                    Depositing User: pustakawan umk
                    Tanggal Deposit: 02 Nov 2016 12:55
                    Last Modified: 02 Nov 2016 12:55
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6154

                    Actions (login required)

                    View Item