Peningkatan Hasil Belajar Pkn Melalui Model Stad (Student Teams Achievement Divisions) Siswa Kelas Iv Sdn 02 Bogotanjung Kecamatan Gabus Kabupaten Pati

Widyastuti, Sri (2016) Peningkatan Hasil Belajar Pkn Melalui Model Stad (Student Teams Achievement Divisions) Siswa Kelas Iv Sdn 02 Bogotanjung Kecamatan Gabus Kabupaten Pati. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
HALAMAN_DEPAN.pdf - Accepted Version

Download (408kB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (187kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (317kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (581kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (221kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (101kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (99kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dan hasil belajar dengan menerapkan model STAD pada materi susunan lembaga pemerintahan pusat. Hasil belajar adalah perubahan perilaku yang diperoleh siswa setelah mengalami ativitas belajar yang dilihat dari aspek kognitif, afektif, dan psikomotor. Model STAD merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif yang di dalamnya siswa dibentuk ke dalam kelompok yang terdiri dari empat atau lima anggota yang mewakili siswa dengan anggota kelompok yang heterogen. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas IV SDN 02 Bogotanjung dengan subyek penelitian 21 siswa dan guru yang berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model STAD, sedangkan variabel terikatnya yaitu Hasil belajar susunan lembaga pemerintahan pusat. Metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari tindakan yang dilakukan dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan dengan menggunakan model STAD dapat meningkatkan keterampilan guru mengelola pembelajaran, aktivitas siswa dalam belajar dan hasil belajar PKn siswa. Hal ini dapat dilihat dari terpenuhinya indikator keberhasilan sebagai berikut. (1) Peningkatan keterampilan guru mengelola pembelajaran pada siklus I ke siklus II meningkat dari rata-rata 72,5% kategori baik menjadi 78% kategori baik (2) Aktivitas belajar siswa pada siklus I memperoleh 74,2% baik, meningkat menjadi 83,3% dengan kualifikasi amat baik (3) Hasil belajar siswa ranah kognitif pada siklus I memperoleh rata-rata 71,9 meningkat pada siklus II menjadi 77,86 dari ketuntasan klasikal yang telah ditetapkan yaitu 75. Ranah afektif pada siklus I memperoleh rata-rata persentase 73% dengan kategori baik meningkat pada siklus II menjadi 82% kategori amat baik. Ranah psikomotorik pada siklus I memperoleh rata-rata persentase 74% kategori baik meningkat pada siklus II menjadi 81,75% kategori amat baik Simpulan dalam penelitian ini yaitu penerapan model STAD untuk pembelajaran PKn materi susunan lembaga pemerintahan pusat dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 02 Bogotanjung tahun pelajaran 2015/2016. Saran untuk guru, diharapkan model STAD bisa dijadikan referensi dalam memilih model pembelajaran agar pembelajaran dapat tercapai sesuai dengan tujuan yang diharapkan oleh guru. Untuk siswa, diharapkan siswa menumbuhkan motivasi intrinsiknya agar menjadi lebih bersemangat dan menjadi aktif di kelas. Untuk sekolah, diharapkan sekolah menfasilitasi sarana dan prasarana yang dibutuhkan dalam kegiatan belajar mengajar. Untuk peneliti berikutnya, diharapkan lebih memahami langkah kegiatan model STAD agar pembelajaran berjalan lancar dan berhasil.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing: Drs. Susilo Rahardjo, M.Pd. Kons
Kata Kunci: Model STAD, Hasil Belajar PKn, Lembaga Pemerintahan Pusat
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 05 Nov 2016 05:11
Last Modified: 05 Nov 2016 05:11
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6168

Actions (login required)

View Item View Item