Peningkatan Pola Hidup Sehat Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Self Management Pada Siswa Kelas Xi Ipa 3 Sman 1 Bangsri

HUDA, KHOIRUL (2016) Peningkatan Pola Hidup Sehat Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Self Management Pada Siswa Kelas Xi Ipa 3 Sman 1 Bangsri. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
COVER.pdf - Accepted Version

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (219kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (537kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (255kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (850kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (127kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (132kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (496kB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pola hidup sehat pada siswa kelas XI IPA 3 SMAN 1 Bangsri. Tujuan penelitian ini: 1. Mendiskripsikan tindakan-tindakan dalam upaya meningkatkan pola hidup sehat melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management pada siswa kelas XI IPA 3 SMAN 1 Bangsri dan 2. Memperoleh peningkatkan pola hidup sehat di dalam sekolah melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management pada siswa kelas XI IPA 3 SMAN 1 Bangsri. Pola hidup sehat adalah segala upaya untuk menerapkan kebiasaan yang baik dalam menciptakan hidup yang sehat dan menghindarkan kebiasaan yang buruk yang dapat mengganggu kesehatan. Sedangkan bimbingan kelompok merupakan salah satu teknik bimbingan yang berusaha membantu individu agar dapat mencapai perkembangannya secara optimal sesuai dengan kemampuan, bakat, minat, serta nilai-nilai yang dianutnya dan dilaksanakan dalam situasi kelompok. Penelitian ini mengkaji teori-teori yang berhubungan dengan pola hidup sehat. Dengan model konseling yang digunakan yaitu bimbingan kelompok dengan teknik self management. Berdasarkan asumsi dasar di atas maka penelitian ini menggunakan hipotesis penelitian sebagai berikut: “Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Self Management dapat meningkatkan pola hidup sehat pada siswa kelas XI IPA 3 SMAN 1 Bangsri. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 3 SMAN 1 Bangsriyang berjumlah 10siswa perempuan. Metode pengumpulan data berupa metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan data kualitatif deskriptif. Penelitian dilakukan 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II, setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan, dari siklus I ke siklus IIdapat diketahui bahwa aktivitas siswa pada pertemuan I dengan skor 37,9 dalam kategori sangat kurang yang menunjukkan bahwa terdapat 6 siswa dalam kategori sangat kurang yaitu WT skor 33 persentase 33%, LZ skor 33 persentase 33%, AS skor 32 persentase 32%, WW skor 34 persentase 34%, YM skor 32 persentase 32%, LDR skor 33 persentase 33% dan 4 siswa dalam kategori kurang yaitu NW skor 48 persentase 48%, SSM skor 37 persentase 37%, NR skor 48 persentase 48%, NR skor 49 persentase 49%. Pada pertemuan II dengan skor 52,2 dalam kategori kurang terlihat ada peningkatan sebesar 14,3. Pada pertemuan II menunjukkan terdapat 5 siswa dalam kategori kurang yaitu LZ skor 50 persentase 50%, AS skor 49 persentase 49%, WW skor 51 persentase 51%, YM skor 45 persentase 45%, LDR skor 44 persentase 44%, dan terdapat 5 siswa dalam kategori cukup yaitu NW skor 59 persentase 59%, SSM skor 55 persentase 55%, WT skor 55 persentase 55%, NR skor 55 persentase 55%, HU skor 59 persentase 59%. Dapat disimpulkan bahwa, Pada pra siklus mendapatkan skor 17,8 persentase 35,5% dengan kategori sangat kurang (SK), kemudian pada siklus I pertemuan I memperoleh skor 23,4 persentase 46,8 dalam kategori kurang (K), siklus I pertemuan II memperoleh skor 26 persentase 52 dalam kategori kurang (K), siklus I pertemuan III memperoleh skor 30,1 persentase 59,8% dalam kategori cukup (C). Pada siklus II pertemuan I memperoleh skor 34,2 persentase 68,4% dalam kategori baik (B), siklus II pertemuan II memperoleh skor 37,8 persentase 75,6 dalam kategori baik (B), siklus II pertemuan III memperoleh skor 42 persentase 84,2% dalam kategori sangat baik (SB). Hal ini menunjukkan adanya peningkatan pada siklus II dibandingkan dengan siklus I.Kepada kepala sekolah perlu menciptakan suasana sekolah yang dapat menimbulkan rasa aman dan nyaman bagi peserta didik khususnya bagi peserta didik dapat mengembangkan interaksi sosial dengan baik. 2 konselor harus selalu memperhatikan perkembangan peserta didik khususnya bagi peserta didik yang memiliki masalah dan harus segera di tangani dan diberi perhatian khusus. Agar dapat mengembangkan diri dan interaksi sosial antar teman di sekolah dapat terjalin dengan baik. 3 peserta didik diharapkan mempu menerapkan pola hidup sehat dengan teman sebaya dalam kehidupan sehari-hari serta mampu mengendalikan pola hdup sehat yang baik di lingkungan sekitarnya. 4 peneliti kedepannya diharapkan dapat lebih bisa memilih pola hidup sehat yang baik dalam pelaksanaan pelayanan bimbingan dan konseling untuk menyelesaikan permasalahan peserta didik.dengan menerapkan berbagai teknik knseling dalam layanan bimbingan kelompok, diharapkan permasalahan yang dihadapi peserta didik dapat diselesaikan secara tertulis.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: pembimbing : Drs. Masturi, M.M.,
Kata Kunci: Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Self Management,Meningkatkan Pola Hidup Sehat.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 07 Nov 2016 03:21
Last Modified: 07 Nov 2016 03:21
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6187

Actions (login required)

View Item View Item