Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Numbered Heads Together Pada Mata Pelajaran PKn Kelas IV SDN 1 Jati Barat Pecangaan Jepara

Silvia, Linda (2016) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Numbered Heads Together Pada Mata Pelajaran PKn Kelas IV SDN 1 Jati Barat Pecangaan Jepara. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal judul) - Accepted Version
Download (637Kb)
    [img] PDF (BAb 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (166Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (238Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (989Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (1068Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (103Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (222Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (149Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (10Mb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan ketrampilan guru dalam pelaksanaan model pembelajaran Numbered Heads Together materi Globalisasi pada mata pelajaran PKn siswa kelas IV SDN 1 Jati Barat Pecangaan Jepara, (2) untuk menemukan hasil belajar PKn siswa kelas IV melalui model Numbered Heads Together pada materi Globalisasi di SDN 1 Jati Barat Pecangaan Jepara. Numbered Heads Together adalah model pembelajaran dengan cara setiap siswa diberi nomor, kemudian guru secara acak memanggil nomor siswa untuk memberi pertanyaan.Hasil belajar merupakan kemampuan-kemampuan yang dimiliki siswa setelah ia menerima pengalaman belajarnya. Panelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa IV SD 1 Jati Barat Pecangaan Jepara, dengan subjek penelitian terdiri atas guru dan 23 siswa terdiri dari 9 laki-laki dan 14 perempuan. Variabel bebasnya menggunakan model Numbered Heads Together. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes, Tes adalah teknik penilaian yang biasa digunakan untuk mengukur kemampuan siswa dalam pencapaian suatu kompetensi tertentu, melalui pengolahan secara kuantitatif yang hasilnya berbentuk angka. Wawancara merupakan teknik pengumpulan data yang berupa pertanyaan-pertanyaan tertulis. Observasi dan dokumentasi.Instrumen yang digunakan berupa lembar pengamatan keterampilan guru mengajar, lembar pengamatan hasil belajar aspek afektif dan psikomotorik siswa, tes pilihan ganda, dan lembar pedoman wawancara. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil belajar kognitif siklus I memperoleh persentase 69,56% meningkat 91,30% pada siklus II. Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I memperoleh persentase 68,74% meningkat menjadi 83,33% pada siklus II. Persentase hasil belajar siswa ranah afektif pada siklus I 67% meningkat menjadi 81% pada siklus II. Sedangkan presentase hasil belajar ranah psikomotorik memperoleh persentase 66% meningkat 76,37% pada siklus II. Simpulan peneliti bahwa penggunaan model pembelajaran Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada materi globalisasi Kelas IV SDN 1 Jati Barat Pecangaan Jepara. Saran dalam penelitian ini adalah sebaiknya dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran guru hendaknya jangan terpaku dengan menggunakan pembelajaran langsung yang lebih mudah digunakan, melainkan guru hendaknya harus menggunakan model pembelajaran inovatif yang sesuai dengan karakteristik siswa dan dapat merangsang siswa agar mau belajar.. Untuk siswa harus lebih bersemangat dan rajin dalam mengikuti pembelajaran terutama pada pembelajaran PKn.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Pembimbing: Dr. murtono, M.Pd
                    Uncontrolled Keywords: Model Numbered Heads Together, Hasil Belajar PKn.
                    Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                    Depositing User: pustakawan umk
                    Tanggal Deposit: 07 Nov 2016 10:13
                    Last Modified: 07 Nov 2016 10:13
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6189

                    Actions (login required)

                    View Item