Penerapan Model Sains Teknologi Dan Masyarakat Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ips Materi Kegiatan Ekonomi Masyarakat Pada Siswa Kelas Iv Sd N 2 Wergu Wetan Kudus

Fitri, Achmad Noor (2016) Penerapan Model Sains Teknologi Dan Masyarakat Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ips Materi Kegiatan Ekonomi Masyarakat Pada Siswa Kelas Iv Sd N 2 Wergu Wetan Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal judul) - Accepted Version
Download (1604Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (1137Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (1182Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (1307Kb) | Request a copy
          [img] PDF (BAb 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (1701Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (1137Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (1099Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (1122Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (4Mb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas IV SD 2 Wergu Wetan Kudus pada mata pelajaran IPS. Hasil belajar yang dideskripsikan terdiri dari hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotorik. Hasil belajar kognitif dapat diperoleh dari tes dan non tes, sedangkan hasil belajar afektif dan psikomotorik diperoleh dari lembar pengamatan. Model ini telah diterapkan dalam mata pelajaran IPS materi Kegiatan Ekonomi Masyarakat kelas IV. Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan salah satu mata pelajaran yang dipelajari di sekolah dasar. Dalam IPS sendiri terdapat materi tentang Kegiatan Ekonomi Masyarakat. Kegiatan Ekonomi Masyarakat adalah rangkaian kegiatan yang dilakukan manusia mulai dari produksi, konsumsi, dan distribusi yang bertujuan untuk menghasilkan barang atau jasa guna memenuhi segala kebutuhan manusia. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek siswa kelas IV SD 2 Wergu Wetan Kudus yang dilaksanakan pada Oktober 2015 sampai dengan Februari 2016. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan menggunakan metode pengumpulan data berupa wawancara, tes, observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan berupa lembar wawancara, soal evaluasi dan lembar observasi. Teknik analisis yang digunakan yaitu teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini akan dianggap berhasil apabila keterampilan guru mencapai persentase ketuntasan >75%, nilai rata-rata kognitif siswa pada materi Kegiatan Ekonomi Masyarakat mencapai >73 dengan persentase ketuntasan sebesar >70%. Hasil belajar pada ranah kognitif dan afektif mencapai persentase ketuntasan minimal baik. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan pembelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran Sains Teknologi dan Masyarakat pada setiap siklusnya. Hal ini dapat dilihat pada hasil persentase keterampilan pembelajaran guru pada siklus I diperoleh skor rata-rata 89,5 dengan persentase 74,6% dengan kategori baik dan pada siklus II skor rata-rata 95,5 dengan persentase 79,6% dengan kategori baik. Nilai rata-rata tes hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh 81,6 dengan persentase ketuntasan klasikal 67,3% (kriteria baik) dan pada siklus II diperoleh 86,1 dengan presentase ketuntasan klasikal 73,3% (kriteria baik). Hasil belajar siswa ranah afektif pada siklus I dengan skor rata-rata 27,9 persentase ketuntasan klasikal 69,8% (kriteria baik) dan pada siklus II dengan dengan skor 28,7 persentase ketuntasan klasikal 73% (kriteria baik). Hasil belajar siswa ranah psikomotorik pada siklus I dengan skor rata-rata 17,5 persentase ketuntasan klasikal 69,9% (kriteria baik) dan pada siklus II dengan dengan skor 18 persentase ketuntasan klasikal 72% (kriteria baik). Simpulan dari penelitian tindakan kelas ini adalah penerapan model pembelajaran Sains Teknologi dan Masyarakat dapat meningkatkan hasil belajar. Hal ini dapat ditunjukkan dengan meningkatnya keterampilan pembelajaran guru dan hasil belajar siswa ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Saran dari penelitian tindakan kelas ini adalah guru hendaknya menggunakan berbagai model pembelajaran yang menarik minat siswa untuk belajar, dan juga agar pembelajaran tidak terkesan membosankan. Untuk siswa, dalam belajar harus mempunyai motivasi belajar yang tinggi, agar hasil belajar bisa mendapatkan semaksimal mungkin.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Pembimbing: Drs. Masturi, MM
                    Uncontrolled Keywords: : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat, IPS, Kegiatan Ekonomi Masyarakat
                    Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                    Depositing User: pustakawan umk
                    Tanggal Deposit: 07 Nov 2016 10:35
                    Last Modified: 07 Nov 2016 10:35
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6191

                    Actions (login required)

                    View Item