Penerapan Model Picture And Picture Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Materi Pekerjaan Terhadap Siswa Kelas III SD Tanjang.

Fadli, Fakih Islah (2016) Penerapan Model Picture And Picture Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Materi Pekerjaan Terhadap Siswa Kelas III SD Tanjang. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (685kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (205kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (275kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (479kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (249kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (110kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (182kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (7MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penggunaan model Picture And Picture dalam meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi pekerjaan pada kelas III SD Tanjang. hasil belajar merupakan kemampuan yang dimiliki seseorang setelah melakukan proses belajar yang meliputi tiga ranah yaitu kognitif, afektif dan psikomotorik. Model picture and picture merupakan suatu model yang menggunakan gambar sebagai media dalam proses pembelajaran dengan diurutkan atau dipasangkan menjadi urutan yang sistematis atau logis. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPS materi pekerjaan terhadap siswa kelas III SD Tanjang. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini akan dilaksanakan di kelas III SD Tanjang dengan subjek penelitian 14 siswa. Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model Picture And Picture. Sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan terhadap nilai hasil belajar materi perkerjaan yang cukup signifikan yaitu dari siklus I ketuntasan klasikal sebesar 64,2% dan meningkat pada siklus II sebesar 92%. Hasil belajar ranah afektif pada siklus I sebesar 65,7% meningkat pada siklus II sebesar 87,5%, kemudian hasil belajar ranah psikomotorik pada siklus I sebesar 68,12% mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 87,79%. Didukung peningkatan keterampilan guru pada siklus I sebesar 81,5% (Baik) meningkat pada siklusII sebesar 86,3%(Sangat Baik). Hal tersebut membuktikan bahwa penggunaan model Picture And Picture dapat meningkatkan hasil belajar dan keterampilan guru pada materi pekerjaan kelas III SD Tanjang. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas III SD Tanjang dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Picture And Picture dapat meningkatkan hasil belajar dan keterampilan guru pada materi pekerjaan kelas III SD Tanjang. Untuk disarankan dalam menerapkan model Picture And Picture, guru harus lebih kreatif dalam membuat inovasi media untuk menarik minat belajar siswa.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: Imaniar Purbasari, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Picture And Picture, Hasil Belajar, Pekerjaan.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 08 Nov 2016 06:23
Last Modified: 08 Nov 2016 06:23
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6203

Actions (login required)

View Item View Item