Penerapan Model Mind Mapping Dalam Pembelajaran Ips Materi Kegiatan Ekonomi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Siswa Kelas Iv Sd 2 Kirig Kudus

Pramana, Dwi (2016) Penerapan Model Mind Mapping Dalam Pembelajaran Ips Materi Kegiatan Ekonomi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Siswa Kelas Iv Sd 2 Kirig Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal judul) - Accepted Version
Download (482Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (166Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (238Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (989Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (1068Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (103Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (93Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (149Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (4Mb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Hasil observasi awal penelitian terhadap pembelejaran IPS pada siswa kelas IV SDN 2 Kirig dan hasil nilai UAS semester 1 menunjukan bahwa hasil belajar yang diperoleh siswa relatif rendah , ketuntasan hasil belajar klasikal yang diperoleh adalah 31,25%. Belum optimalnya hasil belajar siswa ini dilatarbelakangi oleh beberapa faktor anatara lain guru kurang menggunakan model pembelajaran yang inovatif sehingga siswa cenderung pasif dan kurang atusias dalam pembelajaran. Peneliti mencoba meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Mind Mapping. Tujuan penelitian ini ialah: (1) Mendiskripsikan penerapan model pembelajaran Mind Mapping untuk meningkatkan keterampilan guru dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas IV SD 2 Kirig Mejobo Kudus Tahun ajaran 2015/2016. (2) Menganalisis peningkatan hasil belajar IPS materi kegiatan ekonomi melalui model pembelajaran Mind Mapping pada siswa kelas IV SD 2 Kirig Mejobo Kudus Tahun ajaran 2015/2016. Hasil belajar adalah perubahan tingkah laku yang diperoleh siswa setelah mengikuti proses pemebelajaran. Perubahan tingkah laku tersebut dapat dilihat dari aspek kognitif, afektik, dan psikomotorik. Model pembelajaran mind mapping adalah cara mencatat kreatif yang memunginkan seseorang menyusun fakta sesuai dengan cara kerja sehinga lebih mudah mengingat inforamsi. IPS adalah integrasi dari ilmu-ilmu sosial dan humaniora, serta kegiatan dasar manusia yang diorganisasikan dan sajikan secara ilmiah dan psikologis untuk tujuan pendidikan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada mata pelajaran IPS materi kegiatan ekonomi. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada siswa kelas IV SD 2 Kirig Mejobo Kudus. Subjek penelitian yaitu kelas IV yang berjumlah 16 siswa. Penilitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklusnya ada Fase (1) perencanaan; (2) pelaksanaan; (3) pengamatan; dan (4) refleksi. Data dianalisis secara analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan hasil pembelajaran IPS melalui model Mind Mapping meningkat disetiap siklus. Presentase ketuntasan hasil belajar klasikal pada siklus 2 meningkat dari 43,75% pada siklus 1 menjadi 87,5% pada siklus 2. Presentase aktivitas belajar ranah efektif meningkat dari 67,96% pada siklus 1 menjadi 83,98% pada siklus 2. Sedangkan presentase aktivitas siswa ranah psikomotorik dari 58,46% pada siklus 1 menjadi 83,85% pada siklus 2. Observasi keterampilan guru juga meningkat dari 66,54% pada siklus 1 menjadi 88,31% pada siklus 2. Kesimpulan penelitian ini dapat dijelaskan bahwa penerapan model Mind Mapping teruji dapat meningkatkan hasil belajar IPS, keterampilan guru mengelola pembelajaran, akitivitas siswa dan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SDN 2 Kirig Mejobo Kudus. Saran yang dapat disampaikan adalah sebaiknya guru harus terus berusaha meningkatkan hasil belajar siswa salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran Mind Mapping yang dapat meningkatkan keaktifan dan kreativitas siswa

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Pembimbing: Dr. Murtono, M.Pd
                    Uncontrolled Keywords: Mind Mapping, Hasil belajar, IPS
                    Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                    Depositing User: pustakawan umk
                    Tanggal Deposit: 08 Nov 2016 15:35
                    Last Modified: 08 Nov 2016 15:35
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6221

                    Actions (login required)

                    View Item