Peningkatan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Ips Materi Perkembangan Teknologi Melalui Model Course Review Horay Pada Siswa Kelas Iv Sd 2 Pasuruhan Lor Kudus

Nofitasari, Fitria (2016) Peningkatan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Ips Materi Perkembangan Teknologi Melalui Model Course Review Horay Pada Siswa Kelas Iv Sd 2 Pasuruhan Lor Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal Judul) - Accepted Version
Download (2MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (329kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (362kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (670kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (947kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (323kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (151kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (152kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan aktivitas belajar IPS siswa kelas IV SD 2 Pasuruhan Lor setelah diterapkannya model pembelajaran Course Review Horay, mengetahui peningkatkan prsetasi belajar IPS siswa kelas IV SD 2 Pasuruhan Lor setelah diterapkannya model pembelajaran Course Review Horay, dan mengetahui keterampilan guru pada pembelajaran IPS setelah diterapkannya model pembelajaran Course Review Horay. Aktivitas belajar adalah segala kegiatan yang dilakukan dalam proses interaksi (guru dan siswa) dalam rangka mencapai tujuan belajar dan Prestasi belajar adalah suatu hasil dari kegiatan yang telah dikerjakan oleh siswa baik secara individu maupun kelompok dalam proses pembelakaan untuk mencapi tujuan belajar. Course Review Horay adalah model pembelajaran yang dapat menciptakan suasana kelas menjadi meriah, aktif dan menyenangkan karena setiap siswa yang dapat menjawab benar maka siswa tersebut diwajibkan berteriak “Hore” atau yel-yel yang disukai. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap tahap yaitu perencaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SD 2 Pasuruhan Lor dengan subjek penelitian 28 siswa. Variabel bebasnya adalah model Course Review Horay. Sedangkan variabel terikatnya adalah aktivitas dan prestasi belajar IPS. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan nilai prestasi belajar IPS siswa materi perkembangan teknologi yang cukup signifikan antara siklus 1 (67,86%) dan siklus 2 (85,7%), didukung dengan peningkatan aktivitas belajar IPS siswa pada siklus 1 77,1% (baik) menjadi 82,28% (baik) pada siklus 2. Pengelolaan pembelajaran model Course Review Horay juga mengalami peningkatan pada siklus 1 72,5% (baik) menjadi 80,81% (baik) pada siklus 2. Hal itu membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran Course Review Horay dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar IPS materi perkembangan teknologi kelas IV SD 2 Pasuruhan Lor Kudus. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SD 2 Pasuruhan Lor Kudus dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Course Review Horay dapat meningkatkan aktivitas belajar dan prsetasi belajar IPS materi perkembangan teknologi serta dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru. Saran dalam penelitian ini hendaknya siswa bisa lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran IPS dan hendaknya guru menerapkan model pembelajaran Course Review Horay dapat meningkatkan aktivitas belajar dan prsetasi belajar IPS. Bagi guru hendaknya menggunakan model pembelajaran inovatif yang sesuai dengan karakteristik siswa dan dapat merangsang siswa agar mau belajar.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sumarwiyah, M.Pd, Kons.
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Belajar dan Prestasi Belajar IPS, Perkembangan Teknologi, Course Review Horay,
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 08 Nov 2016 08:43
Last Modified: 08 Nov 2016 08:43
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6222

Actions (login required)

View Item View Item