Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Prestasi Belajar Melalui Model Pembelajaran Cooperative Script Pada Pembelajaran Ips Materi Permasalahan Sosial Kelas Iv Sd Negeri 3 Menganti

Ratnasari, Leliana (2016) Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Prestasi Belajar Melalui Model Pembelajaran Cooperative Script Pada Pembelajaran Ips Materi Permasalahan Sosial Kelas Iv Sd Negeri 3 Menganti. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal Judul) - Accepted Version
Download (304Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (166Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (238Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (989Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (1068Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (103Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (41Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (149Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (3422Kb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Cooperative Script dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPS materi masalah sosial, mendeskripsikan prestasi belajar siswa kelas IV SD 3 Menganti tahun pelajaran 2015/2016 pada pembelajaran IPS materi masalah sosial melalui penerapan model Cooperativ Script, dan mendeskripsikan keterampilan guru pada pembelajaran IPS materi masalah sosial dengan menggunakan model Cooperative Script. Kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran IPS adalah suatu kemampuan yang dimiliki individu untuk melihat dan memecahkan masalah yang ditandai dengan sifat-sifat dan bakat kritis yaitu rasa ingin tahu yang tinggi, imajinatif dan selalu tertantang oleh kemajemukan, berani mengambil resiko dan mampu bersikap rasional dan memilih alternative pilihan yang terbaik pada pembelajaran IPS. Cooperative Script merupakan salah satu strategi pembelajaran dimana siswa bekerja secara berpasangan dan bergantian secara lisan dalam mengikhtisarkan bagian-bagian materi yang dipejari Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri dari 2 siklus, masing-masing tiap siklus adalah 2 pertemuan. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan 24 siswa kelas IV SD 3 Menganti. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan analisis statistik deskriptif dan kualitatif dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan dengan menggunakan model Cooperative Sctipt dapat meningkatkan keterampilan guru mengelola pembelajaran, kemampuan berpikir kritis siswa dan prestasi belajar IPS siswa. Hal ini dapat dilihat dari terpenuhinya indikator keberhasilan sebagai berikut. (1) Peningkatan keterampilan guru mengelola pembelajaran pada siklus I ke siklus II meningkat dari 67,5% kriteria baik menjadi 81,66% kriteria baik (2) ketrampilan berpikir kritis siswa pada siklus I memperoleh 65,10% kriteria baik meningkat pada siklus II menjadi 79,58% kategori sangat baik (3) prestasi belajar siswa pada siklus I memperoleh 70,83% meningkat pada siklus II menjadi 83,3% dari ketuntasan klasikal yang telah ditetapkan yaitu 75%. Simpulan dalam penelitian ini yaitu penerapan model pembelajaran Cooperaitve Script pada pembelajaran IPS materi masalah sosial dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar siswa kelas IV SD 3 Menganti Jepara tahun pelajaran 2015/2016. Saran untuk guru, diharapkan model pembelajaran Cooperative Script bisa dijadikan refrensi dalam memilih model pembelajaran agar pembelajaran dapat tercapai sesuai dengan tujuan yang diharapkan oleh guru. Untuk siswa, diharapkan siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan bersungguh-sungguh agar menjadi aktif. Untuk sekolah, diharapkan sekolah menfasilitasi sarana dan prasarana yang dibutuhkan dalam kegiatan belajar mengajar. Untuk peneliti berikutnya, diharapkan lebih memahami langkah kegiatan model pembelajaran Cooperative Script agar pembelajaran berjalan lancar dan berhasil.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Pembimbing: Drs. Moh. Kanzunnudin, M.Pd
                    Uncontrolled Keywords: Berpikir Kritis, Prestasi Belajar IPS, Cooperative Script, Masalah Sosial
                    Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                    Depositing User: pustakawan umk
                    Tanggal Deposit: 10 Nov 2016 15:14
                    Last Modified: 10 Nov 2016 15:14
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6229

                    Actions (login required)

                    View Item