Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Menggunakan Model Example Non-Example Pada Siswa Kelas V Sd Negeri 4 Dersalam Kudus

Nugroho, Rudy Setyo (2016) Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Menggunakan Model Example Non-Example Pada Siswa Kelas V Sd Negeri 4 Dersalam Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal Judul) - Accepted Version
Download (686Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (166Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (238Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (989Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (1068Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to hanya untuk Staf Repositori

            Download (103Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (88Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (149Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (7Mb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran example non-example dan menemukan peningkatan keterampilan guru, aktivitas dan keterampilan menulis siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi puisi pada kelas V SD N 4 Dersalam Kudus. Keterampilan menulis juga merupakan keterampilan berbahasa yang paling sulit tingkatannya dibandingkan dengan keterampilan berbahasa lainnya. Menulis merupakan sebuah kegiatan yang digunakan untuk berkomunikasi kepada orang lain melalui tulisan. Puisi merupakan sebuah karya sastra dari dalam pikiran seseorang yang berwujud tulisan dengan bahasa yang indah dan memiliki sebuah makna tertentu. Example non-example merupakan sebuah model pembelajaran yang menggunakan sebuah gambar atau yang berkaitan dengan gambar seperti audio visual untuk meningkatkan daya kreatif anak. Hipotesis tindakan penelitian ini yakni peningkatan keterampilan mengajar guru, aktivitas siswa, dan keterampilan menulis puisi melalui model example non-example pada siswa kelas V SD N 4 Dersalam Kudus tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan pada kelas V SD N 4 Dersalam Kudus dengan subjek penelitian 17 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas yakni model pembelajaran example non-example. Sedangkan variabel terikatnya yakni keterampilan menulis puisi. Instrumen penelitian ini yakni tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan pembelajaran Bahasa Indonesia melalui model example non-example meningkat disetiap siklus. Persentase keterampilan guru siklus I rata-rata klasikal yakni 69,37% dengan kriteria tinggi dan meningkat pada siklus II rata-rata klasikal menjadi 80,63% dengan kriteria sangat tinggi. Sedangkan persentase aktivitas siswa siklus I rata-rata klasikal yakni 70,81% dengan kriteria tinggi, kemudian meningkat pada siklus II rata-rata klasikal menjadi 75,54% dengan kriteria sangat tinggi. Persentase keterampilan menulis karangan narasi pada prasiklus yakni 41,18% dengan kriteria tinggi, kemudian setelah dilakukan penelitian siklus I menjadi 64,71% dengan kriteria tinggi dan meningkat pada siklus II menjadi 88,24% dengan kriteria sangat tinggi. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas V SD N 4 Dersalam dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran example non-example dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia mampu meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan keterampilan menulis puisi siswa dengan baik. Peneliti menyarankan agar siswa lebih meningkatkan semangat mereka dalam mengikuti proses pembelajaran, guru lebih menguasai beberapa metode dan model pembelajaran yang efektif, dan memanfaatkan media pembelajaran yang ada di sekolah dengan baik sehingga pembelajaran yang dilaksanakan dapat berjalan secara inovatif yang bisa membuat mata pelajaran Bahasa Indonesia dapat dilaksanakan dengan menyenangkan.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Pembimbing: Dr. Murtono, M.Pd
                    Uncontrolled Keywords: Keterampilan Menulis Puisi, Model Example Non-Example.
                    Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                    Depositing User: pustakawan umk
                    Tanggal Deposit: 10 Nov 2016 15:23
                    Last Modified: 10 Nov 2016 15:23
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6230

                    Actions (login required)

                    View Item