Penerapan Model Complete Sentence Melalui Media Gambar Seri Untuk Peningkatan Keterampilan Menulis Pantun Siswa Kelas Iv Sdn 1 Jatibarat Pecangaan Jepara

Wati, Meira (2016) Penerapan Model Complete Sentence Melalui Media Gambar Seri Untuk Peningkatan Keterampilan Menulis Pantun Siswa Kelas Iv Sdn 1 Jatibarat Pecangaan Jepara. Update Test thesis, Unviersitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal judul]
Preview
PDF (Hal judul)
COVER.pdf - Accepted Version

Download (621kB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (244kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (391kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (624kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (243kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (226kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (218kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (17MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan mengajar guru, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan menulis pantun siswa kelas IV SDN 1 Jatibarat Pecangaan Jepara pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui model complete sentence. Complete sentence adalah model pembelajaran yang mengarahkan siswa untuk melengkapi sebuah paragraf yang belum sempurna dengan menggunakan kunci jawaban yang tersedia. Media gambar seri adalah media pembelajaran yang berupa gambar datar yang mengandung cerita dengan urutan tertentu, sehingga anatara gambar dengan gambar yang lain memiliki hubungan cerita. Keterampilan menulis adalah merupakan suatu kegiatan untuk menciptakan, mengemukakan ide dan gagasannya kepada orang lain secara tertulis dengan menggunakan aksara, dan sebagai bahasa untuk berkomunikasi secara tidak langsung. Pantun adalah pantun meruapakan karya sastra termasuk dalam bentuk puisi lama asli Indonesia berupa rangkaian kata. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas IV SDN 1 Jatibarat Pecangaan Jepara, dengan subjek penelitian terdiri atas guru dan 23 siswa terdiri dari 9 laki-laki dan 14 perempuan. Variabel bebasnya menggunakan model complete sentence, sedangkan variabel terikatnya keterampilan mengajar guru, aktivitas belajar siswa, dan menulis pantun. Penelitian ini terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Teknik pengumpulan data yang dipakai meliputi observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan meliputi pedoman observasi keterampilan guru, pedoman observasi aktivitas belajar siswa, pedoman wawancara, dan tes menulis pantun. Data yang diperoleh dilakukan analisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan keterampilan mengajar guru dalam mengelola pembelajaran meningkat dari 78,75% pada siklus I menjadi 91,25% pada siklus II. Aktivitas belajar siswa meningkat dari 71,03% pada siklus I meningkat menjadi 85,81% pada siklus II, sedangkan peningkatan keterampilan menulis pantun meningkat dari 65,22% pada siklus I, meningkat 91,30% pada siklus II. Simpulan peneliti bahwa penerapan model complete sentence melaui media gambar seri dapat meningkatkan keterampilan menulis pantun siswa kelas IV SDN 1 Jatibarat. Saran dalam penelitian ini adalah siswa hendaknya memperhatikan dengan sungguh-sungguh dalam pembelajaran, lebih banyak berlatih menulis secara aktif dan selalu belajar untuk meningkatkan keterampilan menulis. Bagi guru sebaiknya pada saat pembelajaran berlangsung, guru tidak hanya melakukannya dengan metode ceramah, melaikan dengan melakukan sebuah inovasi untuk mengoptimalkan aktivitas belajar siswa. Bagi sekolah hendaknya dapat mendukung guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dengan menyediakan fasilitas belajar siswa dengan baik. Bagi peneliti selanjutnya hendaknya sebelum melakukan penelitian, peneliti perlu menyesuaikan antara model pembelajaran yang dipilih dengan materi yang diajarkan.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing: Drs. Moh. Kanzunnudin, M.Pd
Kata Kunci: Model Complete Sentence, Media Gambar Seri, Keterampilan Menulis Pantun
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 12 Nov 2016 03:38
Last Modified: 12 Nov 2016 03:38
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6241

Actions (login required)

View Item View Item