Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas Iv Sd 2 Besito

Lestari, Eli Puji (2016) Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas Iv Sd 2 Besito. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal judul) - Accepted Version
Download (578Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (165Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (321Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (499Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (2203Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (366Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (89Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (160Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (12Mb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dan hasil belajar siswa telah diterapkannya model Talking Stick berbantuan media audio visual dan menemukan peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD 2 Besito pada materi perkembangan teknologi. Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan salah satu mata pelajaran yang mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep, dan generalisasi yang berkaitan dengan isu sosial.Masalah dalam penelitian ini adalah pembelajaran IPS kelas IV SD 2Besito yang belum optimal.Hal ini dikarenakan guru belum optimal dalam menggunakan model dan media pembelajaran.Hasil Belajar siswa dalam pembelajaran IPS masih rendah. Dampaknya pemahaman siswa rendah yang ditunjukkan sebesar 65,28% siswa memperoleh nilai dibawah KKM. Pembelajran IPS akan ditingkatkan dengan menggunakan model talking stick dengan media audio visual. Talking stick adalah model pembelajaran dengan menggunakan tongkat, siswa yang memegang tongkat wajib menjawab pertanyaan. Model talking stick akan mendorong siswa untuk aktif, membantu siswa memahami materi dan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Penelitian tindakan kelas akan dilaksanakan di kelas IV SD 2 Besito dengan subjek penelitian guru kelas IV dan siswa kelas IV yang berjumlah 23 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus dengan setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Variabel bebas yaitu model Talking Stick berbantuan media audio visual dan variabel terikat yaitu hasil belajar IPS. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi.Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif dan data kualitatif.Analisis data kualitatif dilakukan dengan tahap reduksi data, penyajian data, kemudian simpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model Talking Stick berbantuan media audio visual dapat meningkatkan keterampilan guru dan hasil belajar IPS. Keterampilan guru meningkat cukup signifikan antara siklus I (78,10%) dengan kriteria baik, dan siklus II (89,05%) dengan kriteria sangat baik. Hasil senada juga terlihat pada hasil belajar siswa ranah kognitif yang juga mengalami peningkatan dari pra siklus (34,78%), meningkat pada siklus I menjadi (73,91%), dan siklus II (91,30%), didukung dengan hasil belajar siswa pada ranah afektif dan psikomotorik. Pada ranah afektif dari persentase siklus I (51,63%) dengan kriteria cukup, pada siklus II (75,85%) dengan kriteria baik. Pada ranah psikomotorik dari persentase siklus I (52,17%) dengan kriteria cukup meningkat menjadi (75,08%) di siklus II dengan kriteria baik. Simpulan dalam penelitian ini adalah penerapan model talking stick berbantuanmedia audio visual dapat meningkatkan keterampilan guru dan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SD 2 Besito. Saran yang diberikan adalah guru hendaknya menggunakan model-model pembelajaran dan media pembelajaran dengan optimal untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Pembimbing: Erik Aditia Ismaya, S.Pd., M.A
                    Uncontrolled Keywords: Talking Stick, Audio Visual, Hasil Belajar IPS, Perkembangan Teknologi
                    Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                    Depositing User: pustakawan umk
                    Tanggal Deposit: 12 Nov 2016 12:14
                    Last Modified: 12 Nov 2016 12:14
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6254

                    Actions (login required)

                    View Item