Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Melalui Model Cooperative Integrated Reading And Composition Berbantuan Media Komikpada Siswa Kelas Iv Sd Negeri Krandan Pati

Zulfah, Friska Afifaty (2016) Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Melalui Model Cooperative Integrated Reading And Composition Berbantuan Media Komikpada Siswa Kelas Iv Sd Negeri Krandan Pati. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal judul) - Accepted Version
Download (527Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (194Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (353Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (545Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (2489Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (123Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (90Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (113Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (10Mb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran cooperative integrated reading and composition dan menemukan peningkatan keterampilan guru, aktivitas dan keterampilan menulis siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi karangan narasi pada kelas IV SD N Krandan Pati. Keterampilan menulis merupakan keterampilan berbahasa yang paling tinggi tingkat kesulitannya. Menulis merupakan kegiatan menggali pikiran mengenai suatu objek yang digunakan untuk berkomunikasi kepada orang lain melalui tulisan. Karangan narasi merupakan karangan yang menceritakan suatu peristiwa berdasarkan urutan waktu atau pengalaman manusia dari waktu ke waktu. Cooperative integrated reading and compositionmerupakan salah satu model pembelajaran yang mengkaitkan antara membaca dan menulis pada kelas tinggi di sekolah dasar. Hipotesis tindakan penelitian ini yakni peningkatan keterampilan mengajar guru, aktivitas siswa, dan keterampilan menulis karangan narasi melalui model cooperative integrated reading and compositionpada siswa kelas IV SD N KrandanPati tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan pada kelas IV SD N Krandan Pati dengan subjek penelitian 22 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas yakni model pembelajaran cooperative integrated reading and composition. Sedangkan variabel terikatnya yakni keterampilan menulis karangan narasi. Instrumen penelitian ini yakni tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan pembelajaran Bahasa Indonesia melalui model cooperative integrated reading and composition meningkat disetiap siklus. Persentase keterampilan guru siklus I rata-rata klasikal yakni 69,45% dengan kriteria tinggi dan meningkat pada siklus II rata-rata klasikal menjadi 87,5% dengan kriteria sangat tinggi. Sedangkan persentase aktivitas siswa siklus I rata-rata klasikal yakni 73,30% dengan kriteria tinggi, kemudian meningkat pada siklus II rata-rata klasikal menjadi 83,17% dengan kriteria sangat tinggi. Persentase keterampilan menulis karangan narasi pada prasiklus yakni 59,09% dengan kriteria tinggi, kemudian setelah dilakukan penelitian siklus I menjadi 63,64% dengan kriteria tinggi dan meningkat pada siklus II menjadi 90,91% dengan kriteria sangat tinggi. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SD N Krandan Pati dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran cooperative integrated reading and compositiondalam mata pelajaran Bahasa Indonesia keterampilan guru, aktivitas siswa dan keterampilan menulis karangan narasi siswa dapat meningkat. Peneliti menyarankan agar siswa lebih meningkatkan keaktifan dalam mengikuti proses pembelajaran, guru lebih menguasai metode atau model pembelajaran, dan memanfaatkan media pembelajaran yang ada di sekolah supaya pembelajaran yang dilaksanakan dapat berjalan secara inovatif dan kondusif sehingga mata pelajaran Bahasa Indonesia dapat dilaksanakan dengan menyenangkan.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Pembimbing: Dr. Murtono, M.Pd
                    Uncontrolled Keywords: Keterampilan Menulis Karangan Narasi, Model Cooperative Integrated Reading and Composition.
                    Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                    Depositing User: pustakawan umk
                    Tanggal Deposit: 15 Nov 2016 15:46
                    Last Modified: 15 Nov 2016 15:46
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6310

                    Actions (login required)

                    View Item