Penggunaan Model Pembelajaran Pair Check Berbantuan Media Kartu Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas Iv Sd 02 Bae

Universitas Muria Kudus (2016) Penggunaan Model Pembelajaran Pair Check Berbantuan Media Kartu Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas Iv Sd 02 Bae. FKIP.

[thumbnail of Hal judul]
Preview
PDF (Hal judul)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (221kB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas siswa, mendeskripsikan keterampilan guru, dan menemukan peningkatan pemahaman konsep matematika dengan diterapkannya model pembelajaran pair check berbantuan media kartu bertanda positif dan negatif pada materi bilangan bulat pada siswa kelas IV SD 02 Bae Kudus. Pemahaman konsep matematika merupakan kemampuan atau kompetensi siswa untuk memahami suatu konsep dan bisa menjelaskan kembali konsep tersebut. Model pair check adalah suatu model pembelajaran yang melatih kemandirian siswa yang mana satu kelompok terdiri dari 2 orang, satu orang siswa mengerjakan dan yang lain mengecek. Kartu Bertanda Positif dan Negatif merupakan kertas yang berwarna biru dengan tanda positif (+) mewakili bilangan bulat positif, sedangkan yang mewakili bilangan bulat negatif adalah kertas yang berwarna merah dengan tanda negatif (-). Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah peningkatan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran, keterampilan guru dalam mengelola kelas, dan pemahaman konsep pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat melalui penerapan model pair check berbantuan media kartu bertanda positif dan negatif pada siswa kelas IV SD 02 Bae Kudus. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan di SD 02 Bae Kecamatan Bae Kabupaten Kudus. Subjek penelitian ini adalah peneliti sebagai guru dan 20 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model pembelajaran pair check berbantuan media kartu bertanda positif dan negatif. Sedangkan variabel terikat adalah pemahaman konsep matematika materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Metode pengumpulan data penelitian ini adalah tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan aktivitas belajar matematika siswa pada siklus I 2,8 (baik) menjadi 3,05 (baik) siklus II. Pengelolaan pembelajaran model pair check berbantuan media kartu bertanda positif dan negatif juga mengalami peningkatan pada siklus I 3,04 (baik) menjadi 3,38 (sangat baik) siklus II. Peningkatan pemahaman konsep matematika siswa dengan ketuntasan klasikal antara siklus I (65%) dengan rata-rata indikator pemahaman konsep mencapai 71,37% dan siklus II (80%) dengan rata-rata indikator pemahaman konsep 74,71%. Hal itu membuktikan bahwa penggunaan model pair check berbantuan kartu bertanda positif dan negatif dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat kelas IV SD 02 Bae Kudus. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SD 02 Bae dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pair check berbantuan kartu bertanda positif dan negatif dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran, keterampilan guru dalam mengelola kelas, pemahaman konsep matematika materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat pada siswa kelas IV SD 02 Bae. Untuk itu disarankan dalam menerapkan model pair check guru harus mampu memfasilitasi satu per satu siswa pada tahap partner menjawab dan pelatih mengecek jawaban partner agar siswa mampu mengerjakan soal dan mampu mengecek jawaban partner.

Item Type: Patent
Dosen Pembimbing: Pembimbing: Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd
Kata Kunci: Pair Check, Pemahaman Konsep Matematika, Bilangan Bulat.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 15 Nov 2016 08:54
Last Modified: 15 Nov 2016 08:54
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6312

Actions (login required)

View Item View Item