Pemungutan Retribusi Pelayanan Persampahan / Kebersihan terhadap Pelayanan Kebersihan di Kabupaten Kudus

Said, Umar (2012) Pemungutan Retribusi Pelayanan Persampahan / Kebersihan terhadap Pelayanan Kebersihan di Kabupaten Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (560kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab I) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (189kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab II) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (211kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab III) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (199kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab IV) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (246kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab V) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (142kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (148kB) | Tinjau ulang

Abstrak

Skripsi yang berjudul “ PEMUNGUTAN RETRIBUSI PELAYANAN PERSAMPAHAN/KEBERSIHAN TERHADAP PELAYANAN KEBERSIHAN DI KABUPATEN KUDUS “. Secara umum bertujuan Untuk mengetahui bagaimana pemungutan retribusi pelayanan persampahan/kebersihan yang dilaksanakan oleh Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kudus serta bagaimanakan tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan kebersihan sebagai hasil adanya kontra prestasi antara pemungutan retribusi dengan pelayanan yang diberikan oleh pemberi pelayanan. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis sosiologis. Dalam teknik pengumpulan data, penulis mengguanakan data primer dan sekunder. Setelah data diperoleh, maka disusun secara sistematis dan selanjutnya dianalisa secara kualitatif dan kuantitatif, sehingga diperoleh kejelasan mengenai permasalahan yang dibahas dan selanjutnya disusun sebagai skripsi yang bersifat ilmiah. Dari hasil penelitian dapat ditunjukan bahwa pelaksanaan pemungutan retribusi pelayanan persampahan/ kebersihan dilaksanakan oleh Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kudus melalui Kepala Seksi kebersihan dan pertamanan dibantu oleh koordinator disetiap depo yang berada di desa – desa yang menggunakan jasa pelayanan persampahan/kebersihan. Pelaksanaan pemungutan retribusi dilakukan oleh Petugas Kebersihan disetiap depo selama satu bulan menggunakan karcis retribusi yang disediakan oleh petugas administrasi. Kendala – kendala yang dihadapi dalam melaksanakan pemungutan adalah kurang adanya sosialisasi tentang adanya Peraturan Daerah Kabupaten Kudus Nomor 12 Tahun 2012 tentang retribusi pelayanan persampahan/kebersihan kepada masyarakat, sehingga masyarakat kurang tahu atas adanya perda tersebut dan tidak adanya orang yang dipungut retribusi serta tidak adanya pendataan kepada pengguna jasa pelayanan kebersihan. Tingkat kepuasan masyarakat di Kabupaten Kudus khususnya rumah tangga belum merasakan kepuasan akan pelayanan kebersihan yang diberikan oleh Petugas kebersihan selaku pemberi pelayanan kebersihan.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing 1 = Kristiyanto, SH.MH
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan pemungutan Retribusi Pelayanan Persampahan/ kebersihan, tingkat kepuasan masyarakat, dan pelayanan kebersihan.
Subjects: Hukum > Hukum (umum). Hukum secara umum. Yurisprudensi > Layanan publik. Petugas pemerintah. Pegawai negeri sipil.
Ilmu-ilmu Sosial > Patologi sosial. Kesejahteraan publik dan sosial
Hukum > Hukum (umum). Hukum secara umum. Yurisprudensi
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Users 2136 tidak ditemukan.
Tanggal Deposit: 10 Jan 2013 03:17
Last Modified: 10 Jan 2013 03:17
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/632

Actions (login required)

View Item View Item