Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Pada Siswa Kelas Viii A Smp N 1 Kaliori Tahun 2015/2016

Utomo, Setyo Budi (2016) Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Pada Siswa Kelas Viii A Smp N 1 Kaliori Tahun 2015/2016. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal Judul]
Preview
PDF (Hal Judul)
HALAMAN_DEPAN.pdf - Accepted Version

Download (851kB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (178kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (326kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (877kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (189kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (149kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (151kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (791kB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendiskripsikan pemahaman siswa tentang motivasi belajar sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama. (2)Mengetahui seberapa besar peningkatan pemahaman siswa tentang motivasi belajar melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama pada siswa kelas VIII ASMP N 1 Kaliori Tahun 2014/2015. Motivasi belajarmerupakan sebuah dorogan diri dalam diri sendiri maupun dari lingkungan siswa yang memiliki dorongan yang baik, maka perilaku yang ditunjukan juga baik. Sebaliknya siswa yang memiliki dorongan kurang baik, maka perilaku yang ditunjukan kurang baik pula. Pada hakekatnya motivasi belajar adalah dorongan internal dan eksternal pada siswa-siswa yang sedang belajar untuk mengadakan perubahan tingkah laku, pada umumnya denan beberapa indikator atau unsure yang mendukung .Layanan bimbingn kelompok adalah suatu layanan bimbingan dan konseling proses pemberian bantuan yang di berikan pada individu dalam situasi kelompok. Teknik Sosiodrama adalah dramatisasi dari persoaalan-persoalan yang dapat timbul dalam pergaulan dengan orang lain, tingkat konflik-konflik yang dialami dalam pergaulan sosial. Hipotesis penelitian ini adalah: Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Dapat Meningkatkan mMotivasi Belajar Pada Siswa VIII ASMP N 1 Kaliori Tahun 2014/2015. Penelitian Bimbingan dan Konseling ini akan dilaksanakan di kelas VIII ASMP N 1 Kaliori dengan subjek penelitian 8 siswa. Variabel Bebas adalah Layanan Bimbingan Kelompok Dengan teknik Sosiodrama. Sedangkan Variabel Terikat adalah Motivasi Belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data deskriptif kualitatif. Hasil Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama dapat Meningkatkan Motivasi belajar pada Siswa Kelas VIII A SMP N 1 Kaliori Tahun Pelajaran 2015/2016. Hal ini terbukti pada Pra siklus siswa mendapatkan jumlah skor 125 rata-rata 15,6 (31,2%) kategori sangat kurang. Pada siklus I siswa mendapatkan jumlah skor 200 rata-rata 25 (50%) kategori kurang. Pada siklus II siswa mendapatkan jumlah skor 285 rata-rata 35,6 (71,2%) kategori baik. Jadi dari siklus I sampai siklus II diperoleh hasil 21,2% kategori sangat baik. Berdasarkan hasil pembahasan disimpulkan bahwa Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sosiodramadapat meningkatkan motivasi belajarpada siswa kelas VIII A SMP N 1 Kaliori Tahun Pelajaran 2015/2016. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dapat diterima karena sesuai dengan indikator keberhasilan. Melihat temuan dilapangan, peneliti menberikan saran kepada: 1. Kepala Sekolah, 2. Bagi guru BK, 3. Bagi Siswa, 4. Peneliti Selanjutnya.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing: Drs. Sunardi, M.Pd
Kata Kunci: Meningkatkan Motivasi Belajar, Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 22 Nov 2016 06:32
Last Modified: 22 Nov 2016 06:32
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6399

Actions (login required)

View Item View Item