Mengatasi Kecemasan Menghadapi Mata Pelajaran Matematika Melalui Penerapan Behavioristik Dengan Teknik Desensitisasi Sistematik Pada Siswa Kelas X Ma Muwahiddun

Nisa, Ifa Fahrun (2016) Mengatasi Kecemasan Menghadapi Mata Pelajaran Matematika Melalui Penerapan Behavioristik Dengan Teknik Desensitisasi Sistematik Pada Siswa Kelas X Ma Muwahiddun. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal Judul) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (282kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (367kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (347kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (418kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (163kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (206kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (137kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini yaitu: Untuk MendiskripsikanModel KonselingBehaviourdenganTeknikDesensitisasi Sistematis dapat Mengatasi Kecemasan Menghadapi Mata Pelajaran Matematika pada Siswa Kelas X MA Muwahiddun . Kecemasan adalah suatu sikap yang banyak dialami banyak siswa dan akan menimbulkan permasalahan dalam diri siswa dan akan berpengaruh pada perkembangan kepribadian siswa. Agar masalah tersebut dapat terentaskan, maka peneliti menggunakan teknik desensitisasi sistematis sebagai upaya bantuan, yaitu suatu teknik perubahan perilaku, dimana konseli dituntut aktif selama proses terapi, sehingga konseli mampu mengendalikan dan merubah arah perilaku tersebut menjadi perilaku yang diinginkan. Jenis penelitian ini adalah penelitianstudikasusdenganpendekatanpenelitiankualitatifdeskriptif. Metodepengumpulan data yaitu: observasi,wawancara, dan dokumentasi. Subjekpenelitianya siswakelasX Muwahiddun Gembong Pati (R, RA dan MA).Variabelbebasnyaadalahkonselingbehavioristikdenganteknikdisensitisasisistematisdanvariabelterikatnyaadalahkecemasan. Berdasarkanhasilpenelitiandapatditariksimpulanbahwafaktorpenyebab kecemasan menghadapi pelajaran matematika danpengaruhpenerapan konselingdesensitisasi sistematis dariketigakonseliyaitu: 1. Konseli I (R) faktor internal penyebab permasalahannya yaitu kurangnya menajemen waktu dan tidak mempunyai motivasi dalam belajar, sedangkan faktor ekternalnya yaitu kurang adanya perhatian dari orang tua. 2. Konseli II (RA) faktor internal penyebab permasalahannya yaitu kurangnya menajemen waktu dan tidak mempunyai motivasi dalam belajar, sedangkan faktor ekternalnya yaitu pengaruh lingkungan teman sepermainan. 3. Konseli III (MA). faktor internalnya yaitu motivasi belajar rendah. Faktor eksternalnya yaitu kurangadanyaperhatiandari orang tua. Berdasarkanpenemuanpenelitian, penelitidapatmemberikan saran kepada: 1. Siswa diharapkan lebih terbuka terhadap wali kelas dan konselor sekolah apabila mengalami kesulitan khususnya kecemasan dalam menghadapi pelajaran matematika, sehingga siswa tidak mengalami kecemasan pada saat menghadapi pelajaran matematika 2. Guru dapat membantu mengatasi kecemasan siswa agar siswa bisa nyaman dalam proses pembelajaran. 3. Konselor sekolah sebaiknya menindaklanjuti apa yang sudah dilakukan oleh peneliti secara terprogram dengan lebih baik dan bisa menerapkan layanan konseling behavioristik dengan teknik desensitisasi sitematis untuk mengatasi siswa yang mempunyai rasa cemas saat menghadapi mata pelajaran matematika. 4. Kepala sekolah perlu mengadakan pertemuan secara periodik dengan guru wali kelas. 5. Penelitiselanjutnyasebaiknyamenindaklanjutipenelitianinidenganberpijakpadahasil/temuan yang telahdiperolehdalampenelitianini, sehinggakedepannyapenerapandesentisisasimampumengatasikecemasansiswa.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Susilo Rahardjo, M.Pd. Kons
Uncontrolled Keywords: Konseling Behaviouristik, Teknik Desensitisasi Sistematis, kecemasan menghadapi matematika
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 22 Nov 2016 06:55
Last Modified: 22 Nov 2016 06:55
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6402

Actions (login required)

View Item View Item