Mengatasi Kecemasan Menghadapi Mata Pelajaran Matematika Melalui Penerapan Behavioristik Dengan Teknik Desensitisasi Sistematik Pada Siswa Kelas X Ma Muwahiddun

Nisa, Ifa Fahrun (2016) Mengatasi Kecemasan Menghadapi Mata Pelajaran Matematika Melalui Penerapan Behavioristik Dengan Teknik Desensitisasi Sistematik Pada Siswa Kelas X Ma Muwahiddun. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal Judul) - Accepted Version
Download (1000Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (275Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (358Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (339Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (408Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (159Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (201Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (134Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (4Mb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Tujuan dari penelitian ini yaitu: Untuk MendiskripsikanModel KonselingBehaviourdenganTeknikDesensitisasi Sistematis dapat Mengatasi Kecemasan Menghadapi Mata Pelajaran Matematika pada Siswa Kelas X MA Muwahiddun . Kecemasan adalah suatu sikap yang banyak dialami banyak siswa dan akan menimbulkan permasalahan dalam diri siswa dan akan berpengaruh pada perkembangan kepribadian siswa. Agar masalah tersebut dapat terentaskan, maka peneliti menggunakan teknik desensitisasi sistematis sebagai upaya bantuan, yaitu suatu teknik perubahan perilaku, dimana konseli dituntut aktif selama proses terapi, sehingga konseli mampu mengendalikan dan merubah arah perilaku tersebut menjadi perilaku yang diinginkan. Jenis penelitian ini adalah penelitianstudikasusdenganpendekatanpenelitiankualitatifdeskriptif. Metodepengumpulan data yaitu: observasi,wawancara, dan dokumentasi. Subjekpenelitianya siswakelasX Muwahiddun Gembong Pati (R, RA dan MA).Variabelbebasnyaadalahkonselingbehavioristikdenganteknikdisensitisasisistematisdanvariabelterikatnyaadalahkecemasan. Berdasarkanhasilpenelitiandapatditariksimpulanbahwafaktorpenyebab kecemasan menghadapi pelajaran matematika danpengaruhpenerapan konselingdesensitisasi sistematis dariketigakonseliyaitu: 1. Konseli I (R) faktor internal penyebab permasalahannya yaitu kurangnya menajemen waktu dan tidak mempunyai motivasi dalam belajar, sedangkan faktor ekternalnya yaitu kurang adanya perhatian dari orang tua. 2. Konseli II (RA) faktor internal penyebab permasalahannya yaitu kurangnya menajemen waktu dan tidak mempunyai motivasi dalam belajar, sedangkan faktor ekternalnya yaitu pengaruh lingkungan teman sepermainan. 3. Konseli III (MA). faktor internalnya yaitu motivasi belajar rendah. Faktor eksternalnya yaitu kurangadanyaperhatiandari orang tua. Berdasarkanpenemuanpenelitian, penelitidapatmemberikan saran kepada: 1. Siswa diharapkan lebih terbuka terhadap wali kelas dan konselor sekolah apabila mengalami kesulitan khususnya kecemasan dalam menghadapi pelajaran matematika, sehingga siswa tidak mengalami kecemasan pada saat menghadapi pelajaran matematika 2. Guru dapat membantu mengatasi kecemasan siswa agar siswa bisa nyaman dalam proses pembelajaran. 3. Konselor sekolah sebaiknya menindaklanjuti apa yang sudah dilakukan oleh peneliti secara terprogram dengan lebih baik dan bisa menerapkan layanan konseling behavioristik dengan teknik desensitisasi sitematis untuk mengatasi siswa yang mempunyai rasa cemas saat menghadapi mata pelajaran matematika. 4. Kepala sekolah perlu mengadakan pertemuan secara periodik dengan guru wali kelas. 5. Penelitiselanjutnyasebaiknyamenindaklanjutipenelitianinidenganberpijakpadahasil/temuan yang telahdiperolehdalampenelitianini, sehinggakedepannyapenerapandesentisisasimampumengatasikecemasansiswa.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Pembimbing: Drs. Susilo Rahardjo, M.Pd. Kons
                    Uncontrolled Keywords: Konseling Behaviouristik, Teknik Desensitisasi Sistematis, kecemasan menghadapi matematika
                    Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
                    Depositing User: pustakawan umk
                    Tanggal Deposit: 22 Nov 2016 13:55
                    Last Modified: 22 Nov 2016 13:55
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6402

                    Actions (login required)

                    View Item