Peningkatan Spiritual Quotient Melalui Layanan Penguasaan Konten Berlatar Belakang Musik Instrumental Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri 1 Sukolilo Tahun Pelajaran 2015/2016

Pujiono, Untung (2016) Peningkatan Spiritual Quotient Melalui Layanan Penguasaan Konten Berlatar Belakang Musik Instrumental Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri 1 Sukolilo Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal Judul) - Accepted Version
Download (456Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (177Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (274Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (559Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (1170Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (210Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (125Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (144Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (3634Kb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tindakan peneliti dalam meningkatkan spiritual quotient melalui layanan penguasaan konten BERLATAR BELAKANG musik instrumental dan untuk meningkatkan spiritual quotient melalu9i layanan penguasaan konten Berlatar Belakang musik instrumental pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sukolilo tahun pelajaran 2015/2016. Spiritual quotient atau kecerdasan spiritual adalah kemampuan manusia yang menjadiakannya dapat menyadari dan menentukan makna, nilai, moral serta cinta terhadap kekuatan yang lebih besar dan sesama makhluk hidup karena lahir kesadaran sebagai bagian dari keseluruhan.sehingga kecerdasan ini membuat manusia dapat menempatkan diri dan hidup lebih posistif dengan penuh kebijaksanaan, kedamaian dan kebahagiaan yang hakiki. Untuk memperbaiki moral remaja peneliti berupaya meningkatkan spiritual quotient melalui layanan penguasaan konten Berlatar Belakang musik instrumental. Peneliti menjelaskan mengenai spiritual quotient dengan iringan musik instrumental agar siswa dapat konsentrasi dengan materi kemudian mengajak siswa untuk menginteropeksi diri dan melakukan langkah-langkah untuk meningkatkan spiritual quotient. Hipotesis yang dirumuskan peneliti adalah : 1. Layanan penguasaan konten Berlatar Belakang musik instrumental dapat meningkatkan spiritual quotient siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sukolilo tahun pelajaran 2015/2016. 2. Spiritual quotient dapat ditingkatkan melalui layanan penguasaan konten Berlatar Belakang musik instrumental pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sukolilo tahun pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian: PTBK. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel terikat (spiritual quotient) dan variabel bebas (layanan penguasaan konten Berlatar Belakang musik instrumental). Subyek penelitian kelas VIII SMP Negeri 1 Sukolilo. Bentuk penelitian PTK BK yang bersifat kualitatif. Penelitian dilakukan 2 siklus (siklus I dan siklus II) setiap siklus dilakukan 3 pertemuan membahas 3 materi dengan alokasi waktu yang digunakan 40 menit. Metode pengumpulan data dengan metode pokok observasi, metode pendukung yaitu wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil Observasi Kolaborator terhadap peneliti siklus I dalam menerapkan high touch mendapat nilai rata-rata 62 (cukup) dan penerapan high tech mendapat nilai rata-rata 62 (cukup). Hasil pengamatan peneliti terhadap siswa pada siklus I pertemuan pertama sebanyak terdapat 8 siswa (29,6%) masuk dalam kategori sangat rendah (SR), 12 siswa (44,4%) masuk dalam kategori rendah (R) dan 7 siswa (25,9%) dalam kategori cukup (C). Pada siklus I pertemuan kedua terdapat 5 siswa (18,5%) masuk dalam kategori sangat rendah (SR), 10 siswa (37%) masuk dalam kategori rendah (R), 11 siswa (40,7%) masuk dalam kategori cukup (C) dan 1 siswa (3,7%) dalam kategori baik (B). Pada siklus I pertemuan ketiga terdapat 7 siswa (25,9%) masuk dalam kategori rendah (R), 13 siswa (48,1%) masuk dalam kategori cukup (C) dan 7 siswa (25,9%) masuk kategori baik (B). Hasil Observasi Kolaborator terhadap peneliti siklus II dalam menerapkan high touch mendapat nilai rata-rata 80 (baik) dan penerapan high tech mendapat nilai rata-rata 83 (baik). Hasil pengamatan peneliti terhadap siswa pada siklus II pertemuan pertama sebanyak terdapat 5 siswa (18,5%) masuk dalam kategori rendah (R), 13 siswa (48,1%) masuk dalam kategori cukup (C) dan 9 siswa (33,3%) dalam kategori baik (B). Pada siklus II pertemuan kedua terdapat 12 siswa (44,4%) masuk dalam kategori cukup (C) dan 15 siswa (55,6%) masuk dalam kategori baik (B). Pada siklus II pertemuan ketiga terdapat 6 siswa (22,2%) masuk dalam kategori cukup (C) dan 21 siswa (77,8%) masuk dalam kategori baik (B). Peningkatan Spiritual Quotient siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sukolilo dalam Layanan Penguasaan Konten Berlatar Belakang Musik Instrumental pada siklus I, perolehan hasil observasi kolaborator sudah cukup baik namun belum mencapai hasil yang optimal sesuai dengan indikator keberhasilan karena dalam menyampaikan materi peneliti masih kaku dan kurang tegas. Shingga siswa kurang antusias dalam mengikuti layanan. Pada siklus II peneliti melaksanakan perbaikan dengan menggunakan music instrumental yang lebih tepat, bersikap lebih tegas dan lebih percaya diri. Sehingga tindakan siklus II berjalan dengan lancar dan menunjukkan peningkatan yang signifikan. Saran yang diberikan: 1. Bagi Kepala sekolah, diharapkan dapat memberikan kebijakan yang mendukung pelaksanaan program Bimbingan dan Konseling, 2. Bagi guru Guru Pembimbing, agar mengembangkan layanan penguasaan konten berlatar belakang musik instrumental untuk membantu siswa meningkatkan spiritual quotient. 3. Bagi siswa, diharapkan dengan layanan penguasaan konten dapat meningkatkan spiritual quotient siswa agar dapat menyadari makna, nilai, ketakwaan dan cinta sesama makhluk hidup. 4. Bagi peneliti, diharapkan menambah pengetahuan keilmuan. 5. Bagi orang tua, diharapkan memberikan kasih sayang, membina dan memperhatikan spiritual quotient anaknya.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Pembimbing: Drs. Sunardi, M.Pd
                    Uncontrolled Keywords: Peningkatan Spiritual Quotient, Layanan Penguasaan Konten Berlatar Belakang Musik Instrumental
                    Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
                    Depositing User: pustakawan umk
                    Tanggal Deposit: 22 Nov 2016 15:04
                    Last Modified: 22 Nov 2016 15:04
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6408

                    Actions (login required)

                    View Item