Penerapan Model Course Review Horay Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Mata Pelajaran Ipa Siswa Kelas Iv Sd 6 Bulung Cangkring

Wulansari, Sukristi (2016) Penerapan Model Course Review Horay Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Mata Pelajaran Ipa Siswa Kelas Iv Sd 6 Bulung Cangkring. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal judul) - Accepted Version
Download (654Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (254Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (434Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (646Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (1712Kb) | Request a copy
            [img] PDF (bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (230Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (164Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (220Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (6Mb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan guru dalam menerapkan model Course Review Horay pada mata pelajaran IPA materi perubahan lingkungan siswa kelas IV SD 6 Bulung Cangkring dan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran IPA materi perubahan lingkungan di kelas IV SD 6 Bulung Cangkring setelah diterapkannya model Course Review Horay. Model Course Review Horay merupakan suatu model pembelajaran yang meriah dan menyenangkan, memberikan siswa sebuah soal-soal yang dapat mengasah kemampuan berpikir kreatif siswa. Berpikir kreatif adalah suatu cara berpikir yang dapat menghidupkan imajinasi dan menemukan ide-ide yang tidak terduga dalam memecahkan persoalan. Hiptesis tindakan dalam penelitian ini adalah penerapan model Course Review Horay dapat meningkatkan keterampilan guru dalam pembelajaran IPA materi perubahan lingkungan siswa kelas IV SD 6 Bulung Cangkring dan penerapan model Course Review Horay dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran IPA materi energi perubahan lingkungan di kelas IV SD 6 Bulung Cangkring. Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan di kelas IV SD 6 Bulung Cangkring Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus dengan subjek penelitian 27 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian melalui penerapan model Course Review Horay, keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran mengalami peningkatan dari siklusi I (81%) ke siklus II (94%). Selain itu peningkatan kemampuan berpikir kreatif pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV SD 6 Bulung Cangkring dari siklus I (71,17%) dan siklus II (86,87%). Hal itu membuktikan bahwa penggunaan model Course Review Horay dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dan meningkatkan kemampuan berpikir kreatif pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV SD 6 Bulung Cangkring. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada siswa kelas IV SD 6 Bulung Cangkring dapat disimpulkan bahwa penerapan model Course Review Horay dapat meningkatkan keterampilan guru dalam pembelajaran IPA materi perubahan lingkungan pada siswa kelas IV SD 6 Bulung Cangkring dan penerapan model Course Review Horay dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran IPA materi perubahan lingkungan di kelas IV SD 6 Bulung Cangkring. Untuk itu disarankan, guru perlu menerapkan model pembelajaran yang menarik, menyenangkan, dan inovatif salah satunya model pembelajaran Course Review Horay untuk dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Pembimbing: Dr. Murtono, M.Pd
                    Uncontrolled Keywords: Model Course Review Horay, Berpikir Kreatif.
                    Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                    Depositing User: pustakawan umk
                    Tanggal Deposit: 22 Nov 2016 14:54
                    Last Modified: 22 Nov 2016 14:54
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6410

                    Actions (login required)

                    View Item