Penerapan Model Course Review Horay Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Mata Pelajaran Ipa Siswa Kelas Iv Sd 6 Bulung Cangkring

Wulansari, Sukristi (2016) Penerapan Model Course Review Horay Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Mata Pelajaran Ipa Siswa Kelas Iv Sd 6 Bulung Cangkring. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal judul) - Accepted Version
Download (670kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (260kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (445kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (662kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (235kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (168kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (225kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (6MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan guru dalam menerapkan model Course Review Horay pada mata pelajaran IPA materi perubahan lingkungan siswa kelas IV SD 6 Bulung Cangkring dan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran IPA materi perubahan lingkungan di kelas IV SD 6 Bulung Cangkring setelah diterapkannya model Course Review Horay. Model Course Review Horay merupakan suatu model pembelajaran yang meriah dan menyenangkan, memberikan siswa sebuah soal-soal yang dapat mengasah kemampuan berpikir kreatif siswa. Berpikir kreatif adalah suatu cara berpikir yang dapat menghidupkan imajinasi dan menemukan ide-ide yang tidak terduga dalam memecahkan persoalan. Hiptesis tindakan dalam penelitian ini adalah penerapan model Course Review Horay dapat meningkatkan keterampilan guru dalam pembelajaran IPA materi perubahan lingkungan siswa kelas IV SD 6 Bulung Cangkring dan penerapan model Course Review Horay dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran IPA materi energi perubahan lingkungan di kelas IV SD 6 Bulung Cangkring. Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan di kelas IV SD 6 Bulung Cangkring Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus dengan subjek penelitian 27 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian melalui penerapan model Course Review Horay, keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran mengalami peningkatan dari siklusi I (81%) ke siklus II (94%). Selain itu peningkatan kemampuan berpikir kreatif pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV SD 6 Bulung Cangkring dari siklus I (71,17%) dan siklus II (86,87%). Hal itu membuktikan bahwa penggunaan model Course Review Horay dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dan meningkatkan kemampuan berpikir kreatif pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV SD 6 Bulung Cangkring. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada siswa kelas IV SD 6 Bulung Cangkring dapat disimpulkan bahwa penerapan model Course Review Horay dapat meningkatkan keterampilan guru dalam pembelajaran IPA materi perubahan lingkungan pada siswa kelas IV SD 6 Bulung Cangkring dan penerapan model Course Review Horay dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran IPA materi perubahan lingkungan di kelas IV SD 6 Bulung Cangkring. Untuk itu disarankan, guru perlu menerapkan model pembelajaran yang menarik, menyenangkan, dan inovatif salah satunya model pembelajaran Course Review Horay untuk dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Murtono, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Course Review Horay, Berpikir Kreatif.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 22 Nov 2016 07:54
Last Modified: 22 Nov 2016 07:54
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6410

Actions (login required)

View Item View Item