Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Keterampilan Prosessains Siswa Kelas V Sdn 1 Karangaji Jepara

Firdaus, Erliza Rizqi (2016) Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Keterampilan Prosessains Siswa Kelas V Sdn 1 Karangaji Jepara. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal judul) - Accepted Version
Download (1148Kb)
    [img] PDF (bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (241Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (529Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (653Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (1225Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (247Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (166Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (219Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (12Mb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode eksperimen untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa kelas V SDN 1 Karangaji Jepara. Metode eksperimen adalah metode yang memberikan keleluasaan pada siswa untuk mengalami, mengamati, menganalisis, membuktikan, dan mendapat kesimpulan sendiri tentang hasil percobaan yang dilakukannya. Selain itu, dengan metode eksperimen diharapkan siswa mampu berperan aktif dalam proses pembelajaran, siswa terbiasa berpikir ilmiah, dan mampu menemukan dan membuktikannya sendiri. Langkah-langkah dalam melakukan metode eksperimen yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Sedangkan keterampilan proses sains siswa adalah keterampilan yang harus dimiliki siswa untuk meningkatkan kreativitas, kerjasama, bertanggung jawab, dan disiplin dalam melakukan percobaan. Hipotesis tindakan yang diajukan yaitu penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa kelas V SDN 1 Karangaji Jepara. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas V SDN 1 Karangaji Jepara dengan subjek penelitian yaitu guru dan 22 siswa. Prosedur penelitiannya terdiri dari dua siklus masing-masing 2 pertemuan dan di akhir siklus diberikan tes evaluasi. variabel bebas dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, sedangkan variabel terikatnya adalah keterampilan proses sains siswa. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Instumen penelitian berupa pedoman wawancara, pedoman observasi, dan kisi-kisi soal. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasilpenelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil pengelolaan pembelajaran guru antara siklus I 71,65% dan siklus II 84,6%. Keterampilan proses sains siswa meningkat dari siklus I 69,71% dan pada siklus II 78,20%. Metode eksperimen juga dapat meningkatkan nilai tes ranah kognitif siswa siklus I menunjukkan 71,36% dan siklus II 86,40%. Sedangkan hasil ranah afektif siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II dengan perolehan 66,24% pada siklus I dan 75,78% pada siklus II. Hal ini membuktikanbahwa penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa kelas V SDN 1 Karangaji Jepara. Berdasarkanhasilpenelitiantindakankelas yang dilakukanpada kelas V SDN 1 Karangaji Jepara dapatdisimpulkanbahwa penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa kelas V SDN 1 Karangaji Jepara. Disarankandalam menerapkan Metode eksperimen, guru dapatmemperbaiki dalam pengelolaanpembelajaran di kelas, dapatberperanaktifdalammengembangkanpengetahuandan keterampilan secara professional dan siswahendaknyaaktif dalam pembelajaran dan dalam melakukan percobaan.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Pembimbing: Drs. Sucipto, M.Pd., Kons
                    Uncontrolled Keywords: Metode Eksperimen , Keterampilan Proses Sains
                    Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                    Depositing User: pustakawan umk
                    Tanggal Deposit: 22 Nov 2016 15:53
                    Last Modified: 22 Nov 2016 15:53
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6417

                    Actions (login required)

                    View Item