Murni, Bayu (2016) Peningkatkan Kemampuan Berbahasa Krama Melalui Layanan Penguasaan Konten Dengan Teknik Simulasi Pada Siswa Kelas V Sdn Sokokulon 2 Tahun Pelajaran 2015/2016. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (Hal Judul)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version Download (463kB) |
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (200kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (394kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (369kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (902kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (235kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (185kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (124kB) |
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstrak
Tujuan Penelitian ini adalah: 1. Mendiskripsikan pelakasanaan layanan penguasaan konten dengan teknik simulasi dapat meningkatan kemampuan berbahasa krama pada siswa kelas V SDN Sokokulon 2 Tahun Pelajaran 2015/2016, 2. Diperolehnya peningkatan kemampuan berbahasa krama pada siswa kelas V SDN Sokokulon 2 Tahun Pelajaran 2015/2016 melalui layanan penguasaan konten dengan teknik simulasi.Mengetahui efektifitas Layanan Penguasaan Konten dengan teknik simulasi untuk meningkatkan kemampuan berbahasa krama kelas V SDN Sokokulon 02 Tahun Pelajaran 2015/2016. Bahasa Jawa merupakan bahasa ibu dari orang jawa, dalam hal ini sebagai orang jawa harus mampu menguasai bahasa jawa. Dalam berbicara menggunakan bahasa krama harus bisa membedakan tingkatan tingkatan bahasa jawa. Untuk dapat meningkatkan kemampuan berbahasa krama dapat melalui Layanan Penguasaan Konten dengan Teknik Simulasi. Jenis Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling. Subjek yang diteliti adalah siswa kelas V, sebanyak 11 siswa yang belum mampu berbahasa krama dengan baik. Analisis data dilakukan dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan metode yang dilakukan adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil observasi sebelum dan sesudah layananpenguasaankonten dengan teknik simulasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pada tahap pra siklus peningkatan kemampuan berbahasa kramayang dialami 11 siswa kelas SD N Sokokulon 2 diperoleh hasil skor rata-rata 21,28 (42,56%) kategori sangat kurang. Setelah diberikan layanan penguasaan konten dengan teknik simulasi pada siklus I memperoleh hasil skor rata-rata 28 (56%) kategori cukup dan pada siklus II memperoleh hasil skor rata-rata 35,73 (71,46%) kategori baik, terjadi peningkatan sebesar 7,72 (15,44%) dibanding pada pra siklus. Berdasarkan hasil pembahasan dan analisis dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa layanan penguasaankonten dengan teknik simulasi dapat meningkatkankemampuanberbahasakrama pada siswa kelas V SD N Sokokulon 2. Hal tersebut diperoleh dari sebelum pemberian layanan penguasaankonten dengan teknik simulasi, peningkatankemampuanberbahasakrama memperoleh skor rata-rata 17 (34%) kategori sangat kurang. Setelah layanan bimbingan kelompok dengan teknik simulasi pada siklus I, perasaan takut mengerjakan tugas didepan kelas memperoleh skor rata-rata 27.3 (54.6%) kategori cukup dan pada siklus II perasaan takut mengerjakan tugas yang dialami siswa memeperoleh skor rata-rata 37.3 (74.6%) kategori baik, mengalami peningkatan 20.3%. Dengan demikian hipotesis diterima karena telah mencapai indikator keberhasilan. Melihat temuan dilapangan peneliti memberikan saran kepada: 1.Bagi kepala sekolah, kepala sekolah hendaknya dapat memberikan kebijakan untuk menambah guru Bimbingan dan Konseling di sekolah tingkat dasar agar mampu membantu siswa untuk berkembang secara optimal dan memberikan bantuan kepada siswa yang memiliki masalah.2. Bagi guru pembimbing, di harapkan agar guru pembimbing dapat menjadikan sebagai pedoman atau panduan untuk menumbuhkan kemampuan berbahasa krama melalui layanan penguasaan konten dengan teknik simulasi, 3. Bagi siswa, agar siswa dapat terbantu dalam meningkatkan kemampuan berbahasa krama dengan melalui layanan penguasaan konten dengan teknik simulasi,4. Bagi peneliti, penelitidengan melalui penelitian ini dapat memperoleh pengalaman dan pengetahuan baru khususnya yang menyangkut tentang efektifitas layanan penguasaan konten untuk meningkatkan kemampuan berbahasa krama.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing: Drs. Susilo Rahardjo, M.Pd., Kons |
Kata Kunci: | Berbahasa Krama. Layanan Penguasaan Konten Dengan Teknik Simulasi |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling |
Depositing User: | pustakawan umk |
Date Deposited: | 22 Nov 2016 09:04 |
Last Modified: | 22 Nov 2016 09:04 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6420 |
Actions (login required)
View Item |