Penerapan Model Group Investigation Berbantu Media Surat Kabar Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Ips Siswa Kelas Iv Sd 4 Tenggeles

Utomo, Septiadi Wahyu (2016) Penerapan Model Group Investigation Berbantu Media Surat Kabar Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Ips Siswa Kelas Iv Sd 4 Tenggeles. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal judul) - Accepted Version
Download (997Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (224Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (456Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (549Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (847Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (159Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (18Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (201Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (4Mb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikanpenerapan model Group Investigation dengan berbantu media Surat Kabar, untuk mengetahui peningkatan prestasibelajarsetelah penerapan model Group Investigation berbantu media Surat Kabar. PrestasiBelajaradalahmerupakan tingkat kemanusiaan yang dimiliki siswa dalam menerima, menolak dan menilai informasi yang diperoleh dalam proses belajar mengajar.Model pembelajaranGroup Investigation adalah merupakan model yang membimbing siswa untuk mempunyai proses berpikir yang tinggi dan mempunyai kemampuan berkomunikasi antar siswa yang baik dalam berkelompok sehingga memudahkan proses pembelajaran. Media SuratKabaradalah media yang dapatdigunakandalampembelajaran yang berbentukcetakataulembaran-lembarankertas yang dapatdipergunakanuntukkomunikasidengan orang lain. Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan di kelas IV SD 4 Tenggeles dengan subjek penelitian 30 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas pada penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Group Investigation berbantuan Media SuratKabar. Sedangkan variabel terikatnya adalah PrestasiBelajar IPS siswakelas IV SD 4 Tenggeles. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model Group Investigation berbantu media Surat Kabar dapat meningkatkan keterampilan guru dan prestasi belajar IPS. Keterampilan guru meningkat secara signifikan antara hasil prasiklus (63,33%), pada siklus I (78,12%), dan pada siklus II (83,33%). Prestasi belajar siswa juga meningkat secara signifkan antara hasil belajar ranah kognitif pada prasiklus (69,97%), pada siklus I (73,33%), dan siklus II (80%). Simpulan dari penelitian ini yakni penerapan model pembelajaran Group Investigation dengan berbantu media surat kabardapat meningkatkan keterampilan guru dan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV SD 4 Tenggeles Kudus. Untuk itu disarankan guru dalam penerapan model Group Investigation berbantu media surat kabar harus memperhatikan karakteristik siswa dan perkembangan siswa agar tidak bosan, siswa yang belum tuntas hendaknya mau belajar lebih giat lagi, dan bagi sekolah perlu menindaklanjuti pemakaian model Group Investigation dan media suratkabar pada mata pelajaran yang lain dengan memperhatikan karakteristik siswa, materi, dan juga proses pembelajaran.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Pembimbing: Erik Aditya Ismaya, M.A
                    Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Group Investigation, Media SuratKabar, PrestasiBelajar
                    Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                    Depositing User: pustakawan umk
                    Tanggal Deposit: 23 Nov 2016 09:06
                    Last Modified: 23 Nov 2016 09:06
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6428

                    Actions (login required)

                    View Item