Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay Berbantuan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Materi Perkembangan Teknologi Bagikelas Ivsd 1 Jojo

Widitama, Ulfan (2016) Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay Berbantuan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Materi Perkembangan Teknologi Bagikelas Ivsd 1 Jojo. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal judul]
Preview
PDF (Hal judul)
COVER.pdf - Accepted Version

Download (426kB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (222kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (362kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (779kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (315kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (196kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (202kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran course review horay berbantuan metode demonstrasi dan menemukan peningkatan keterampilan guru, aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi perkembangan teknologi pada kelas IV SD 1 Jojo. Model pembelajaran kooperatif Course Review Horayberbantuan metode demonstrasi adalahpembelajaran yang mengutamakan pemikiran kerjasama diantara siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran dengan mengutamakan peragaan untuk memperjelas suatu pengertian. Pembelajaran ini merupakan suatu pengujian terhadap pemahaman konsep siswa menggunakan kotak yang diisi dengan soal dan diberi nomor untuk menuliskan jawabannya. Siswa yang paling dahulu mendapatkan tanda benar langsung berteriak horay atau yel-yel lainnya. Hasil belajar adalah sesuatu yang dicapai atau diperoleh siswa berkat adanya usaha atau pikiran yang mana hal tersebut dinyatakan dalam bentuk penguasaan,pengetahuan, dan kecakapan dasar yang terdapat dalam berbagai aspek kehidupan sehingga nampak pada diri individu perubahan tingkah laku sesuai yang diharapkan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SD 1 Jojo dengan subjek penelitian ini yaitu guru dan 16 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Data diperoleh menggunakan teknik wawancara, tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian kelas ini menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan (1) skor rata-rata keterampilan guru dalam pengelolaan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Course Review Horay berbantuan metode demonstrasimemperoleh rata-rata persentase 77,94% dengan kategori baik pada siklus I dan meningkat menjadi 84,56% dengan kategori baik pada sikus II (2) Rata-rata persentase aktivitas belajar memperoleh 79,47% dengan kategori baik pada siklus I dan meningkat menjadi 85,38% dengan kategori sangat baik pada siklus II (3) Rata-rata persentase hasil belajar aspek afektif 76,72% dengan kategori baik pada siklus I dan meningkat menjadi 82,89% dengan kategori baik pada siklus II. Rata-rata persentase hasil belajar aspek psikomotorik 74,69% dengan kategori baik pada siklus I dan meningkat menjadi 82,97% dengan kategori baik pada siklus II. Nilai tes hasil belajar mencapai kriteria ketuntasan minimal 70% ketuntasan belajar klasikal pada kondisi awal 31,25% meningkat pada siklus I menjadi 56,25% dan 81,25% pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Course Review Horay berbantuan metode demonstrasidapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa. Saran peneliti dalam menerapkan model pembelajaran Course Review Horay berbantuan metode demonstrasisebaiknya guru benar-benar mendalami model yang digunakan, memilih media yang sesuai dan merencakan kegiatan pembelajaran dengan baik.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing: Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd
Kata Kunci: Course Review Horay,Demonstrasi, Hasil Belajar.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 23 Nov 2016 02:36
Last Modified: 23 Nov 2016 02:36
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6432

Actions (login required)

View Item View Item