Peningkatkan Moral Dalam Bergaul Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Tekniksimulasipada Siswa Xi Ipa Sma Muhammadiyah Kudus Tahun Pelajaran 2015/2016

Fatmawati, Agustina (2016) Peningkatkan Moral Dalam Bergaul Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Tekniksimulasipada Siswa Xi Ipa Sma Muhammadiyah Kudus Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal Judul) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (216kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (266kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (361kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (202kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (202kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (191kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (189kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (7MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah: 1. Mendiskripsikan Pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan teknik simulasi dalam Meningkatkan Moral Dalam Bergaul pada siswa kelas XI IPA di SMA Muhammadiyah Kudus Tahun Pelajaran 2015/2016.2. Memperoleh peningkatan moral dalam bergaul melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik simulasi pada siswa kelas XI IPA di SMA Muhammadiyah Kudus Tahun Pelajaran 2015/2016. Moral dalam bergaul adalah suatu perilaku yang baik atau buruk dalam kehidupan sehari-hari dengan semua orang untuk menjalin hubungan antar manusia.Bimbingan kelompok adalah layanan bimbingan kelompok yang memungkinkan peserta didik atau anggota kelompok memperoleh kesempatan untuk membahas dan pengentasan permasalahan yang dialaminya melalui dinamika kelompok.simulasi adalah teknik untuk pura-pura melakukan kegiatan dengan harapan sebelum terjun langsung siswa memahami dan melakukan percobaan terlebih dahulu.Hipotesis peneliti tindakan bimbingan dam konseling adalah sebagai berikut “Layanan Bimbingan kelompok Dengan Teknik Simulasi Meningkatkan Moral Dalam Bergaul Pada Siswa Kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Kudus Tahun Pelajaran 2015/2016”. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan bimbingan dan konseling. Subjek penelitian ini adalahsiswa SMA Muhammadiyah Kuduskelas XI IPA yang berjumlah 8 siswa. Variabel penelitian: layanan bimbingan kelompok dengan teknik simulasi(variabel bebas) dan moral dalam bergaul (variabel terikat). Metode pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Rancangan penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi yang dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian dilakukan melalui 2 siklus (siklus I dan siklus II) setiap siklus 3 kali pertemuan membahas 3 materi dengan alokasi waktu 45 menit. Data diperoleh dari observasi dilakukan secara langsung bersama kolaborator. Hasil penelitian prasiklus dengan mengamati 6 aspek mengenai Moral Dalam Bergaul mendapat skor rata-rata 9.25 dengan presentase 31% kategori kurang (K). Pada siklus I secara keseluruhan rata-rata 56% kategori cukup (C). Pada siklus II terjadi peningkatan dengan skor rata-rata 75% kategori baik (B). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa 1. Layanan bimbingan kelompok dengan teknik Simulasi dapat meningkatkan moral dalam bergaul pada siswa kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Kudus Tahun Pelajaran 2015/2016, 2. Diperoleh peningkatan moral dalam bergaul melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik Simulasi pada siswa kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Kudus Pada Tahun Pelajaran 2015/2016. Dapat diterima karena telah mencapai indikator keberhasilan dengan jumlah peningkatan sebesar 75% kategori baik (B). Untuk itu disarankan kepada : Kepala sekolah, Guru BK, Siswa, dan Peneliti selanjutnya.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembibmbing: Drs. Sunardi, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Moral dan bergaul Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Sinulasi
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 23 Nov 2016 03:12
Last Modified: 23 Nov 2016 03:12
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6438

Actions (login required)

View Item View Item