Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Layananpenguasaan Konten Dengan Teknikreinforcement Pada Siswa Kelas Viiismp 2 Bae Kudus

Khafid, Ahmad Anas (2016) Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Layananpenguasaan Konten Dengan Teknikreinforcement Pada Siswa Kelas Viiismp 2 Bae Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal Judul) - Accepted Version
Download (365Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (162Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (1131Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (1157Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (724Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (101Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (147Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (108Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (1062Kb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Tujuan penelitian ini adalah: 1. Mendiskripsikan layanan penguasaan konten dengan teknik reinforcementpositif pada siswa kelas VIII SMP 2 BAE Kudus tahun pelajaran 2015/2016 untuk peningkatan motivasi belaajr. 2. Memperoleh peningkatan motivasi belajar dengan melalui layanan penguasaan konten pada siswa kelas VIII SMP 2 Bae Kudus Tahun Pelajaran 2015/2016. Motivasi belajar diartikan usaha peserta didik sebagai subjek sekolah untuk ikut serta dalam meningkatkan kompetisi yang dimilikinya melalui proses pendidikan di sekolah. Layanan penguasaan konten merupakanlayanan bantuan kepada individu (sendiri dan kelompok) untuk menguasai kemampuan atau kompetensi tertentu melalui proses belajar.Reinforcement adalah tingkah laku guru dalam merespon secara positif suatu tingkah laku tertentu siswa yang memungkinkan tingkah laku tersebut timbul kembali. Masalah penelitian ini adalah Bagaimana Layanan Penguasaan konten dengan Teknik Reinforcement dapat Meningkatkan Motivasi siswa Pada Siswa Kelas VIII SMP 2 BAE Kudus Tahun Pelajaran 2015/2016?.Jenis Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling.Subjek yang diteliti adalah siswa kelas VIII, sebanyak 30 siswa yang mempunyai motivasi belajar kurang atau rendah.Penelitian ini dilakukan melalui dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah layanan penguasaan konten dengan teknik Reinforcementsedangkan variabel terikatnya yaitu motivasi belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data jenis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian pra siklus pemahaman motivasi belajar menunjukkan kategori kurang dengan skor rata-rata 21,5 (43%). Siklus I pada aspek motivasi belajar mengalami peningkatan dalam kategori kurang dengan skor rata-rata 26,6 (53%) yang berarti mengalami peningkatan rata-rata skor 5,1 dari pra siklus. Siklus II motivasi belajar dalam kategori baik dengan rata-rata 36,5 (72,1%) yang berarti ada peningkatan 10 dari siklus I. Peningkatan hasil observasi kolaborator terhadap peneliti dalam pemberian layanan penguasaan konten mengalami peningkatan pada Siklus I skor rata-rata 57% dalam kategori cukup dan pada Siklus II mendapat skor 85% dalam kategori sangat baik. Simpulan hasil penelitian ini adalah terjadi peningkatan pemahaman motivasi belajar mulai dari Pra Siklus skor rata-rata 21,5 (43%) kategori kurang, Siklus I skor rata-rata 26,6 (53%) dalam kategori cukup dan siklus II skor rata-rata 36,5 (72,1%) dalam kategori baik. Hasil penilaian kolaborator terhadap tindakan peneliti pada Siklus I skor rata-rata 57% dalam kategori kurang dan Siklus II skor rata-rata 85% dalam kategori sangat baik. Dengan demikian layanan penguasaan konten dengan teknik Reinforcement disarankan kepada: 1. Kepada Kepala Sekolah, kepala sekolah dapat memanfaatkan sebagai kontribusi dalam menentukan kebijakan dalam rangka meningkatkan mutu bimbingan dan konseling. 2. Kepada Guru BK, sebagai acuan untuk membantu memberikan alternatif dalam mengarahkan siswa untuk meningkatkan motivasi belajar melalui layanan penguasaan konten dengan teknik Reinforcement. 3. Kepada Siswa, siswa dapat menyadari pentingnya motivasi belajar untuk penunjang prestasi.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Pembimbing: Drs. Sucipto, M.Pd., Kons
                    Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Layanan Penguasaan konten Teknik Reinforcement posistif
                    Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
                    Depositing User: pustakawan umk
                    Tanggal Deposit: 23 Nov 2016 10:30
                    Last Modified: 23 Nov 2016 10:30
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6440

                    Actions (login required)

                    View Item