Peningkatan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Model Project Based Learning Pada Materi Energi Kelas Iv Sd 4 Kesambi Kudus

-, Nurhayati (2016) Peningkatan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Model Project Based Learning Pada Materi Energi Kelas Iv Sd 4 Kesambi Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal judul) - Accepted Version
Download (390Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (196Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (445Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (354Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (1771Kb) | Request a copy
            [img] PDF (bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (274Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (173Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (181Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (5Mb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Project Based Learning dan peningkatan pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran IPA materi energi kelas IV SD 4 Kesambi Kudus setelah diterapkannya model Project Based Learning. Selain itu juga untuk mendeskripsikan aktivitas siswa yang terdiri dari afektif dan psikomotorik dan keterampilan guru melalui penerapan model Project Based Learning. Pemahaman konsep merupakan proses dimana siswa mampu memahami konsep dan fakta-fakta yang ada, yang siswa temukan di lingkungan sekitar melalui serangkaian kejadian fenomena-fenomena alam yang dilihat maupun didengar, kemudian tersimpan dalam pikiran yang pada akhirnya dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah-masalah yang ada di sekitarnya. Model Project Based Learningmerupakan model pembelajaran yang melibatkan peran aktif siswa dalam menyelesaikan masalah dan merancang tujuan pembelajaran dengan mengasilkan sebuah karya atau produk dengan langkah-langkah yang terdiri penentuan proyek, perancangan langkah-langkah penyelesaian proyek, penyusunan jadwal pelaksanaan proyek, penyelesaian proyek dengan fasilitas dan monitoring guru, penyampaian hasil kegiatan dan presentasi/publikasi hasil proyek, evaluasi proses dan hasil proyek. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SD 4 Kesambi Kudus dengan subjek penelitian 24 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas pada penelitian ini adalah penerapan model Project Based Learning, sedangkan variabel terikatnya adalah pemahaman konsep siswa kelas IV SD 4 Kesambi Kudus pada materi energi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Project Based Learning dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa, aktivitas belajar siswa yang terdiri dari afektif dan psikomotorik, dan keterampilan guru. Hal ini dapat dilihat dari tercapainya indikator keberhasilan sebagai berikut. (1) peningkatan pemahaman konsep dari prasiklus memperoleh persentase ketuntasan nilai ≥ 70 25% menjadi 50% pada siklus I dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 70,83% dengan kategori tinggi. (2) aktivitas belajar siswa ranah afektif siklus I memperoleh pesentase rata-rata 67,94% dan naik menjadi 80,47% pada siklus II dengan kategori baik. Aktivitas belajar siswa ranah psikomotorik siklus I memperoleh presentase rata-rata 66,41% dan naik menjadi 78,81% dengan ketegori baik. (3) keterampilan guru siklus I memperoleh persentase rata-rata 67% dengan kategori baik menjadi 77,5% pada siklus II dengan kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada siswa kelas IV SD 4 Kesambi Kudus dapat disimpulkan bahwa penerapan model Project Based Learning dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi energi, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan guru.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Pembimbing: Drs. Moh. Kanzunnudin, M.Pd
                    Uncontrolled Keywords: Pemahaman Konsep, Project Based Learning, Energi
                    Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                    Depositing User: pustakawan umk
                    Tanggal Deposit: 23 Nov 2016 12:16
                    Last Modified: 23 Nov 2016 12:16
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6452

                    Actions (login required)

                    View Item