Peningkatan Kemampuan Kerja Sama Dalam Pembelajaran Ipa Melalui Model Explicit Instruction Siswa Kelas Iv Sd N 2 Bae

Maharani, Nabela (2016) Peningkatan Kemampuan Kerja Sama Dalam Pembelajaran Ipa Melalui Model Explicit Instruction Siswa Kelas Iv Sd N 2 Bae. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal Judul]
Preview
PDF (Hal Judul)
COVER.pdf - Accepted Version

Download (661kB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (166kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (345kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (533kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (167kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (144kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (90kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dan kemampuan kerja sama siswa dalam pembelajaran pada ranah afektif dengan menggunakan model pembelajaran Explicit Instruction pada mata pelajaran IPA materi perubahan lingkungan fisik daratan kelas IV SD N 2 Bae. Kemampuan kerja sama merupakan kegiatan bersama yang dilakukan oleh siswa untuk menyelesaikan tugas dalam pembelajaran sehingga mencapai tujuan pembelajaran. Model pembelajaran Explicit Instruction adalah model pembelajaran kelompok yang diajarkan secara langsung kepada siswa dengan tata cara dan urutan tertentu sehingga siswa lebih mudah dalam memahami suatu pelajaran. Hipotesis tindakan dalam penelitian adalah penggunaan model pembelajaran Explicit Instruction dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dan kemampuan kerja sama siswa materi Perubahan Lingkungan Fisik bagi siswa kelas IV SD N 2 Bae. Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan di kelas IV SD N 2 Bae dengan subjek penelitian peneliti sebagai guru dan 20 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model pembelajaran Explicit Instruction. Sedangkan variabel terikat adalah kemampuan kerja sama. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian tindakan kelas menunjukkan bahwa melalui penerapan model Explicit Instruction dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran dan meningkatkan kemampuan kerja sama siswa kelas IV SD N 2 Bae. Hasil analisis data menunjukkan terdapat peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dari siklus I sebesar 81,25% menjadi 91,35% pada siklus II. Rata-rata kemampuan kerja sama siswa mengalami peningkatan dari pra siklus 35,62% menjadi 54,2 % pada siklus I dan 78,4% pada siklus II. Jumlah siswa yang mengalami peningkatan dalam hal kerja sama meningkat dari 3 siswa menjadi 8 siswa pada siklus I dan menjadi 15 siswa pada siklus II. Berdasarkan penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dan peningkatan kemampuan kerja sama dalam pembelajaran IPA melalui model pembelajaran Explicit Instruction pada siswa kelas IV SD N 2 Bae.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing: Dr. Murtono, M.Pd
Kata Kunci: Explicit Instruction, Kerja Sama.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 29 Nov 2016 07:23
Last Modified: 29 Nov 2016 07:23
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6554

Actions (login required)

View Item View Item