Peningkatan Kemampuan Kerja Sama Dalam Pembelajaran Ipa Melalui Model Explicit Instruction Siswa Kelas Iv Sd N 2 Bae

Maharani, Nabela (2016) Peningkatan Kemampuan Kerja Sama Dalam Pembelajaran Ipa Melalui Model Explicit Instruction Siswa Kelas Iv Sd N 2 Bae. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal Judul) - Accepted Version
Download (645Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (162Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (336Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (520Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (1937Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (163Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (140Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (88Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (4Mb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dan kemampuan kerja sama siswa dalam pembelajaran pada ranah afektif dengan menggunakan model pembelajaran Explicit Instruction pada mata pelajaran IPA materi perubahan lingkungan fisik daratan kelas IV SD N 2 Bae. Kemampuan kerja sama merupakan kegiatan bersama yang dilakukan oleh siswa untuk menyelesaikan tugas dalam pembelajaran sehingga mencapai tujuan pembelajaran. Model pembelajaran Explicit Instruction adalah model pembelajaran kelompok yang diajarkan secara langsung kepada siswa dengan tata cara dan urutan tertentu sehingga siswa lebih mudah dalam memahami suatu pelajaran. Hipotesis tindakan dalam penelitian adalah penggunaan model pembelajaran Explicit Instruction dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dan kemampuan kerja sama siswa materi Perubahan Lingkungan Fisik bagi siswa kelas IV SD N 2 Bae. Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan di kelas IV SD N 2 Bae dengan subjek penelitian peneliti sebagai guru dan 20 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model pembelajaran Explicit Instruction. Sedangkan variabel terikat adalah kemampuan kerja sama. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian tindakan kelas menunjukkan bahwa melalui penerapan model Explicit Instruction dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran dan meningkatkan kemampuan kerja sama siswa kelas IV SD N 2 Bae. Hasil analisis data menunjukkan terdapat peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dari siklus I sebesar 81,25% menjadi 91,35% pada siklus II. Rata-rata kemampuan kerja sama siswa mengalami peningkatan dari pra siklus 35,62% menjadi 54,2 % pada siklus I dan 78,4% pada siklus II. Jumlah siswa yang mengalami peningkatan dalam hal kerja sama meningkat dari 3 siswa menjadi 8 siswa pada siklus I dan menjadi 15 siswa pada siklus II. Berdasarkan penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dan peningkatan kemampuan kerja sama dalam pembelajaran IPA melalui model pembelajaran Explicit Instruction pada siswa kelas IV SD N 2 Bae.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Pembimbing: Dr. Murtono, M.Pd
                    Uncontrolled Keywords: Explicit Instruction, Kerja Sama.
                    Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                    Depositing User: pustakawan umk
                    Tanggal Deposit: 29 Nov 2016 14:23
                    Last Modified: 29 Nov 2016 14:23
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6554

                    Actions (login required)

                    View Item