Pemidanaan terhadap Tindak Pidana Penggunaan Pita Cukai Ilegal Hasil Tembakau (studi normatif di Kantor Bea dan Cukai Kudus)

Sutrisno, - (2012) Pemidanaan terhadap Tindak Pidana Penggunaan Pita Cukai Ilegal Hasil Tembakau (studi normatif di Kantor Bea dan Cukai Kudus). Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (181kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab I) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (187kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab II) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (228kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab III) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (264kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab IV) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (208kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab V) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (84kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (156kB) | Tinjau ulang

Abstrak

Skripsi yang berjudul “Pemidanaan Terhadap Tindak Pidana Penggunaan Cukai Ilegal (Studi Normatif Di Kantor Bea Dan Cukai Kudus)”, ini bertujuan untuk mengetahui pertimbangan Hakim dalam menjatuhan pemidanaan atas penggunaan pita cukai ilegal hasil tembakau di Pengadilan Negeri Kudus dan kendala apa saja yang dialami Penyidik Bea dan Cukai Kudus dalam penegakan hukum terhadap tindak pidana Atas Penggunaan Pita Cukai Ilegal hasil tembakau di Kabupaten Kudus. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah yuridis normatif. Dalam teknik pengumpulan data digunakan data primer dan data skunder Setelah data diperoleh, maka disusun secara sistematis dan selanjutnya dianalisa secara kualitatif, sehingga diperoleh kejelasan mengenai permasalahan yang dibahas dan selanjutnya disusun sebagai skripsi yang bersifat ilmiah. Dari hasil penelitian dapat ditunjukan bahwa Pertimbangan Hakim dalam menjatuhkan putusan pidana terhadap tindak pidana atas pebgguana pitra cukai illegal hasil tebakau dalam putusan perkara dengan Nomor Perkara: 211/Pid.Sus/2011/PN.Kds meliputi pertimbangkan yuridis dan pertimbangan non yuridis, hal-hal yang memberatkan dan hal-hal yang meringankan. Pertimbangan yuridis terpenuhinya unsur-unsur dalam Pasal 55 huruf (b) Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2007 tentang Cukai. Pertimbangan Non Yuridis yaitu Dalam setiap putusannya, khususnya perkara tindak pidana pelanggaran cukai rokok haruslah memperhatikan masyarakat, tempat dimana terjadinya tindak pidana tersebut. Salah satunya pertimbangan Hakim dalam penjatuhan berat ringannya pidana yaitu apakah masyarakat setempat merasa dirugikan oleh perbuatan si pelanggar atau hanya menganggap perbuatan tersebut adalah suatu kewajaran, serta melihat dari tujuan melakukan pelanggaran tersebut. Sebagian besar tujuan melakukan tindak pidana adalah mencari keuntungan. Penyidik Bea Dan Cukai Kudus dalam penegakan hukum terhadap tindak pidana penggunaan pita cukai illegal hasil tembakau di Kabupaten Kudus meliputi kendala internal dan kendala eksternal. Kendala internal terdiri dari adanya Penyidik Pegawai Negeri Sipil Bea dan Cukai yang melakukan pemerasan terhadap tersangka dan terbatasnya personil atau angggota Penyidik Pegawai Negeri Sipil. Kendala Eksternal meliputi tersangka tidak mau mengakui perbuatannya dan adanya upaya pemberian suap dari pihak tersangka kepada Penyidik Pegawai Negeri Sipil Bea dan Cukai.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing 1 = Sudarsono SH.MHum pembimbing 11 = Wiwit Ariyani, SH.Mhum
Uncontrolled Keywords: Pemidanaan, Tindak Pidana, Pita Cukai Ilegal
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Patologi sosial. Kesejahteraan publik dan sosial > Kriminologi > Tindak kejahatan dan pelanggaran
Hukum > Hukum (umum). Hukum secara umum. Yurisprudensi > Hukum pidana dan prosedurnya
Ilmu-ilmu Sosial > Keuangan Publik > Administrasi bea cukai, pabean
Hukum > Hukum (umum). Hukum secara umum. Yurisprudensi
Ilmu-ilmu Sosial > Keuangan Publik > Penghasilan. Pajak. Pendapatan. Penghasilan internal
Teknologi > Manufaktur > Industri tembakau. Rokok. Kretek.
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Users 2136 tidak ditemukan.
Tanggal Deposit: 10 Jan 2013 03:14
Last Modified: 10 Jan 2013 03:14
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/657

Actions (login required)

View Item View Item