Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Materi Sifat-Sifat Bangun Ruang Melalui Pendekatan Realistic Mathematic Education (Rme) Berbantuan Benda Manipulatif

Ningtyas, Teguh Ayu (2016) Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Materi Sifat-Sifat Bangun Ruang Melalui Pendekatan Realistic Mathematic Education (Rme) Berbantuan Benda Manipulatif. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal Judul]
Preview
PDF (Hal Judul)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (554kB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (211kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (434kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (538kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (214kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (187kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (195kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitianinibertujuanuntuk mendeskripsikanpemahaman konsep siswa padamatapelajaranmatematikamateri sifat-sifat bangun ruang kelas V SDN 2 Bageng Gembong Pati, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan mengajar guru dalam menggunakanpendekatan Realistic Mathematic Educationberbantuan benda manipulatif dalam proses pembelajaran. Pemahaman konsep matematika merupakan kemampuan penguasaan memahami suatu konsep pada materi matematika oleh siswa sebagai bukti keberhasilan setelah menerima pengalaman belajar. Realistic Mathematic Education merupakan suatu pendekatan yang melibatkan masalah sehari-hari atau konteks nyata yang melibatkan siswa secara penuh untuk mempermudah siswa memahami konsep materi sifat-sifat bangun ruang. Benda manipulatif merupakan suatu benda yang dimanipulasi untuk menyampaikan sebuah materi pelajaran yang digunakan oleh guru untuk menunjang konteks nyata dalam pendekatan Realistic Mathematic Education. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah penerapan pendekatan Realistic Mathematic Education berbantuan benda manipulatif dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa materi sifat-sifat bangun ruang dan aktivitas belajar siswa kelas V SDN 2 Bageng Gembong Pati, serta meningkatkan keterampilan mengajar guru. Penelitiantindakankelasinidilaksanakan dikelas V SDN 2 Bagengdengansubjekpenelitian 26siswa yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Penelitianiniberlangsungselamaduasiklus, setiapsiklusterdiridariempattahapyaituperencanaan, pelaksaaan, pengamatan, danrefleksi.Variabelbebasdari penelitian ini adalahpendekatanRealistic Mathematic Educationberbantuan benda manipulatif, sedangkanvariabelterikat dari penelitian iniadalahpemahaman konsep matematika siswa.Teknikpengumpulan data menggunakanteknikwawancara, observasi, dokumentasi, dantes. Tehnik analisis data yang digunakanadalah tehnikanalisis data kuantitatif dan tehnik analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep matematika siswa pada siklus I yang diperoleh rata-rata skor 67,22 dengan persentase ketuntasan (≥75) sebesar 53,85% dan meningkat pada siklus II dengan rata-rata skor 77,42 dengan persentase ketuntasan (≥75) sebesar 76,92%. Peningkatan aktivitas belajar siswa siklus I diperoleh rerata skor 3,13 (cukup) dan meningkat pada siklus II dengan rerata skor 3,59 (baik). Keterampilan mengajar guru juga meningkat pada siklus I mendapat rerata skor 3,98 (baik) dan meningkat pada siklus II dengan rerata skor 4,28 (sangat baik). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan pemahaman konsep dan aktivitas belajar siswa, serta keterampilan mengajar guru dengan diterapkannya pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) berbantuan benda manipulatif pada materi sifat-sifat bangun ruang kelas V SDN 2 Bageng Pati tahun pelajaran 2015/2016.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing: Dr. Sri Utamingsih, M.Pd
Kata Kunci: Pemahaman Konsep Matematika, Realistic Mathematic Education, Benda Manipulatif.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 29 Nov 2016 09:03
Last Modified: 29 Nov 2016 09:03
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6571

Actions (login required)

View Item View Item