Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5e Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Ipa Siswa Kelas V Sd 3 Tenggeles

Octaviani, Dessy (2016) Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5e Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Ipa Siswa Kelas V Sd 3 Tenggeles. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal Judul]
Preview
PDF (Hal Judul)
COVER.pdf - Accepted Version

Download (829kB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (228kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (752kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (632kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (244kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (132kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (178kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (17MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Learning Cycle 5E dan menemukan peningkatan keterampilan proses siswa pada mata pelajaran IPA materi sifat-sifat cahaya pada siswa kelas V SD 3 Tenggeles. Keterampilan proses merupakan keterampilan dasar yang harus dimiliki siswa meliputi keterampilan kognitif, keterampilan manual dan keterampilan sosial. Mata pelajaran IPA yang dapat mengembangkan keterampilan proses adalah materi sifat-sifat cahaya. Peningkatan keterampilan proses IPA melaluimodelLearning Cycle 5E dapat memberikan pengalaman langsung bagi siswa dalam melakukan percobaan. Adapun langkah model Learning Cycle 5E adalah Engagement, Exploration Explanation, Elaboration, dan Evaluation. Penelitian ini akan dilaksanakan di kelas V SD 3 Tenggeles dengan subjek penelitian 14 siswa. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari tahap menyusun rancangan tindakan (plan), pelaksanaan tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflective). Variabel bebas pada penelitian ini adalah model Learning Cycle 5E, sedangkan variabel terikatnya adalah keterampilan proses IPA. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes, dokumentasi, observasi, wawancara, dan analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif.Hasil validasi lembar observasi keterampilan proses mencapai rata-rata 44,5 (sangat baik). Sedangkan hasil validasi soal evaluasi siklus I mencapai rata-rata 64,2 (sangat baik) dan siklus II mencapai rata-rata 65,5 (sangat baik). Hasil penelitian terdapat peningkatan nilai observasi keterampilan proses IPA siswa pada materi sifat-sifat cahaya yang cukup signifikan antara pra siklus (28,21%), siklus I (58,57%), dan siklus II (82,23%). Peningkatan juga terjadi pada hasil evaluasi keterampilan proses IPA pada siklus I mencapai keberhasilan klasikal sebesar 57,14% (cukup) dan pada siklus II meningkat 85,71% (sangat tinggi). Pengelolaan pembelajaran model Learning Cycle 5E juga mengalami peningkatan pada siklus I 66,43% (baik) menjadi 85,94% (sangat baik). Hal itu membuktikan bahwa penerapan model Learning Cycle 5E dapat meningkatkan keterampilan proses IPA siswa kelas V di SD 3 Tenggeles. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas V di SD 3 Tenggeles dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5E dapat meningkatkan keterampilan proses IPA siswa, dan keterampilan guru kelas V di SD 3 Tenggeles.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing: Drs. Masturi, M.M
Kata Kunci: Learning Cycle 5E, Keterampilan Proses IPA, Sifat-sifat Cahaya.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 29 Nov 2016 09:12
Last Modified: 29 Nov 2016 09:12
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6573

Actions (login required)

View Item View Item