Penerapan Sanksi terhadap Anak sebagai Pelaku Tindak Pidana (Studi Kasus Putusan Pengadilan Negeri Pati Nomor :182/Pid.B/2008/PN.Pt.)

Supanta, Satriya (2012) Penerapan Sanksi terhadap Anak sebagai Pelaku Tindak Pidana (Studi Kasus Putusan Pengadilan Negeri Pati Nomor :182/Pid.B/2008/PN.Pt.). Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (262kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab I) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (232kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab II) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (243kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab III) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (205kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab IV) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (199kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab V) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (67kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (155kB) | Tinjau ulang

Abstrak

Skripsi yang berjudul “PENERAPAN SANKSI TERHADAP ANAK SEBAGAI PELAKU TINDAK PIDANA (Studi Kasus Putusan Pengadilan Negeri Pati Nomor : 182/Pid.B/2008/PN.Pt.)” ini secara umum bertujuan untuk mengetahui pertimbangan apakah yang melatarbelakangi hakim didalam menjatuhkan sanksi hukum dalam kasus Geng Nero, mengetahui sanksi hukum apakah yang paling tepat dijatuhkan pada anak dalam kasus Geng Nero. Dalam penyelesaian skripsi ini, penulis menggunakan metode pendekatan yuridis normatif. Dalam hal teknik penngumpulan data, penulis menggunakan data sekunder dan data primer. Setelah data diperoleh, maka disusun secara sistematis dan selanjutnya dianalisa secara normatif kualitatif, sehingga diperoleh kejelasan mengenai permasalahan yang dibahas dan selanjutnya disusun sebagai skripsi yang bersifat ilmiah. Dari hasil penelitian dapat ditunjukkan bahwa pertimbangan hakim dalam menjatuhkan sanksi terhadap anggota Geng Nero yang melakukan tindak pidana penganiayaan didasarkan pada 2 (dua) faktor yaitu faktor yuridis dan faktor non yuridis serta laporan hasil penelitian kemasyarakatan yang dilakukan oleh BAPAS. Faktor yuridis yaitu pertimbangan hakim berdasarkan fakta-fakta yang terungkap di dalam persidangan. Fakta-fakta tersebut diperoleh dari kesesuaian keterangan saksi, keterangan terdakwa dan barang bukti dipersidangan yang semuanya itu menjadi satu rangkaian. Faktor yuridis dalam kasus Geng Nero ini yang dijadikan pertimbangan hakim yaitu terpenuhinya unsur-unsur pasal 170 ayat (1) KUHP yang didakwakan jaksa penuntut umum kepada terdakwa. Sedangkan faktor non-yuridis yaitu pertimbangan hakim yang hanya bertitik tolak pada dampak yang merugikan dan merusak tatanan dalam kehidupan bermasyarakat. Faktor non-yuridis dalam kasus Geng Nero ini yang dijadikan pertimbangan hakim yaitu perbuatan yang dilakukan terdakwa telah menghebohkan kota Pati karena terekpos media masa dan hakikat perbuatan tersebut dapat menyebabkan orang lain ketakutan. Sanksi hukum yang tepat dalam kasus Geng Nero seharusnya pidana bersyarat bila penerapan sanksi terhadap anak nakal lebih mengedepankan kesejahteraan anak dan kepentingan anak diatas kepentingan lainnya serta meletakkan ide pemidanaan sebagai ultimum remidium karena pelaku tindak pidana dalam kasus Geng Nero ini adalah anak-anak dan perbuatan yang dilakukan juga tidak mengganggu aktivitas korban tindak pidana dalam kasus ini.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing 1 = Henny Susilowati, SH.MH Pembimbing 11 = Wiwit Ariyani SH.MHum
Uncontrolled Keywords: Anak, Sanksi Pidana, Pertimbangan Hakim
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Patologi sosial. Kesejahteraan publik dan sosial > Administrasi keadilan kriminal
Hukum > Hukum (umum). Hukum secara umum. Yurisprudensi > Hukum pidana dan prosedurnya > Hukum pidana anak-anak dan prosedurnya
Hukum > Hukum (umum). Hukum secara umum. Yurisprudensi
Ilmu-ilmu Sosial > Patologi sosial. Kesejahteraan publik dan sosial > Administrasi keadilan kriminal > Kerja sosial karena pelanggaran, kerja sosial sebagai hukuman atas tindak kriminal
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Users 2136 tidak ditemukan.
Tanggal Deposit: 10 Jan 2013 03:22
Last Modified: 10 Jan 2013 03:22
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/658

Actions (login required)

View Item View Item