Upaya Peningkatan Kemandirian Memilih Karir Dengan Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama Siswa Kelas Xi Ma Darul Ma-La Winong Kab.Pati

Purwaningsih, Heni (2016) Upaya Peningkatan Kemandirian Memilih Karir Dengan Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama Siswa Kelas Xi Ma Darul Ma-La Winong Kab.Pati. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal Judul) - Accepted Version
Download (873Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (166Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (238Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (989Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (1068Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (103Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (206Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (149Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (5Mb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Penelitian ini bertujuan untuk : 1. Mendeskripsikan kondisi siswa sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok tehnik sosiodrama pada siswa kelas XI MA Darul Ma-la Winong . 2. Memperoleh peningkatan memilih karir melalui layanan bimbingan kelompok tehnik sosiodrama pada siswa kelas XI MA darul Ma-la Winong. Kemandirian memilih karir adalah suatu sikap individu yang diperoleh secara komulatif secara perkembangan, dan individu akan terus belajar untuk bersikap mandiri dalam menghadapi berbagai situasi di lingkungan. Bmbingan klompok adalah suatu layanan yang dilakukan secara berkelompok untuk membahas topik terkini melalui dinamika kelompok yang diharapkan memudahkan anggota kelompok dalam berinteraksi dengan anggota pimpinan kelompok. Tehnik sosiodrama adalah suatu tehnik dalam bimbingan kelompok untuk memecahkan masalah sosial yang diahadapi oleh individu dengan bermain peran. Jadi melalui layanan bimbingan kelompok dengan tehnik sosiodrama siswa lebih mudah dalam mengatasi masalah yang berkaitan dengan kemandirian memilih karir. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling dengan subjek penelitian siswa kelas XI MA Darul Ma-la Winong Pati sebanyak 10 siswa yang mempunyai kemandirian memilih karir rendah berdasarkan hasil wawancara peneliti dengan kolaborator. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan dan setiap satu pertemuan membahas satu materi dengan waktu 45 menit. Hasil penelitian pra siklus kemandirian memilih karir menunjukan kategori sangat kurang dengan rata-rata skor 14 (28%). Pada siklus 1 kemandirian memilih karir mengalami peningkatan dalam kategori kurang dengan rata-rata skor 18 (36%), yang berarti mengalami peningkatan prosentase 8% dari pra siklus. Siklus II kemandirian memilih karir dengan kategori cukup rata-rata skor 29 (58%) yang berarti ada peningkatan prosentase 22%. Peningkatan aktivitas peneliti mengalami peningkatan pada siklus I dengan rata-rata skor 57 dengan kategori cukup dan pada siklus II rata-rata skor 73 dengan kategori baik. Kesimpulan hasil penelitian ini terjadinya peningkatan kemandirian memilih karir pada pra siklus rata-rata skor 14 kategori sangat kurang, siklus I rata-rata skor 18 kategori kurang dan siklus II rata-rata skor 29 dengan kategori cukup. Hasil penelitian aktivitas peneliti pada siklus I rata skor 57 (Cukup) dan pada siklus II rata-rata skor 73 (Baik). Dengan demikian layanan bimbingan kelompok tehnik sosiodrama efektif untuk meningkatkan kemandirian memilih karir. Disarankan kepada : 1. Kepala sekolah agar memahami dan memperhatikan perilaku siswa di sekolah tersebut khususnya kepada para siswa agar pengembangan diri mereka berkembang secara optimal. 2. Kepada Guru BK diharapkan dapat mengefektifkan layanan bimbingan kelompok guna membantu siswa mengembangkan pribadinya. 3. Guru Wali Kelas diharapkan mengetahui kondisi siswa pada saat pembelajaran berlangsung dan dapat menerangkan serta membantu siswa memahami materi sehingga siswa lebih bias mandiri dalam belajar dan memilih karirnya di masa depan. 4. Kepada Siswa agar dapar menjadikan pembelajaran dan pengetahuan untuk memahami dan mengerti akan pentingnya bimbingan kelompok dan kemandirian memilih karir sehingga dapat menenentukan tujuan hidup di masa yang akan datang.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Pembimbing: Dra. Hj. Sutarti, SE., MM
                    Uncontrolled Keywords: Kemandirian Memilih Karir, Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sosiodrama.
                    Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
                    Depositing User: pustakawan umk
                    Tanggal Deposit: 30 Nov 2016 11:03
                    Last Modified: 30 Nov 2016 11:03
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6606

                    Actions (login required)

                    View Item