Tanggung Jawab Pengangkut dalam Pelaksanaan Angkutan Barang Kiriman Melalui Darat (Studi Kasus CV. Tiki Kudus)

Ristiana, Wiwin Ristiana (2012) Tanggung Jawab Pengangkut dalam Pelaksanaan Angkutan Barang Kiriman Melalui Darat (Studi Kasus CV. Tiki Kudus). Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (928kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab I) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (100kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab II) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (197kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab III) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (83kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab IV) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (146kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab V) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (107kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (96kB) | Tinjau ulang

Abstrak

Skripsi yang berjudul : “TANGGUNG JAWAB PENGANGKUT DALAM PELAKSANAAN ANGKUTAN BARANG KIRIMAN MELALUI DARAT (STUDI KASUS CV. TIKI KUDUS)” ini secara umum bertujuan untuk mengetahui bagaimana tanggung jawab pengusaha pengangkutan jika terjadi kerugian atas pengiriman barang di CV. TIKI Kudus, untuk mengetahui bagaimana cara dan kriteria untuk menentukan besar kecilnya ganti kerugian apabila terjadi kehilangan, kerusakan dan keterlambatan barang yang diangkut di CV. TIKI Kudus dan untuk mengetahui hambatan yang dihadapi oleh CV. TIKI Kudus dalam melaksanakan ganti kerugian pengiriman barang. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Yuridis Sosiologis. Pendekatan Yuridis karena akan menggunakan kaidah-kaidah hukum yang ada serta peraturan perundang-undangan yang berhubungan dengan Ganti Kerugian dalam perjanjian pengangkutan barang melalui darat di CV. TIKI Kudus. Pendekatan sosiologis karena penelitian ini melihat dari keadaan yang nyata atau praktik tentang pelaksanaan angkutan barang kiriman melalui darat di CV. TIKI Kudus. Setelah data diperoleh, maka disusun secara sistematis dan selanjutnya dianalisa secara kualitatif sehingga diperoleh kejelasan mengenai permasalahan yang dibahas selanjutnya disusun sebagai skripsi yang bersifat ilmiah. Dari hasil penelitian dapat ditunjukkan bahwa perjanjian pengangkutan barang kiriman pada CV. TIKI Kudus merupakan perjanjian baku sehingga bentuk tanggung jawab CV TIKI Kudus sesuai yang tercantum dalam resi pengiriman barang. Cara yang digunakan oleh CV. TIKI Kudus dalam menentukan besar kecilnya ganti kerugian pengiriman barang apabila terjadi barang rusak/hilang/terlambat adalah sesuai kesepakatan pengirim dengan CV. TIKI Kudus yang telah tercantum dalam resi pengiriman barang. Kriteria besar kecilnya ganti kerugian tersebut ditentukan berdasarkan jenis barang yang dikirim yaitu kategori barang yang wajib asuransi atau kategori barang yang tidak termasuk wajib asuransi. Hambatan yang dihadapi dalam melaksanakan ganti kerugian yaitu apabila pengirim barang dalam melakukan transaksi tidak memberitahukan yang sebenarnya tentang isi barang kiriman, apabila terjadi kehilangan/kerusakan barang karena kesalahan pengangkut tetapi pihak pengirim tidak bisa menunjukkan resi/bukti pembayaran pengiriman barang dan apabila pengirim tidak mau mengasuransikan barang yang dikirimnya padahal barang tersebut merupakan barang berharga yang wajib diasuransikan dan apabila terjadi kesalahan dalam pengiriman barang pengirim tidak mengetahui ketentuan yang terdapat dalam resi pengiriman dan merasa tidak membuat perjanjian yang tercantum dalam resi pengiriman barang.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing 1 = Suciningtyas, SH,M,Hum
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Tanggung Jawab, Pengangkut, Angkutan Barang.
Subjects: Hukum > Hukum (umum). Hukum secara umum. Yurisprudensi > Hukum perdata
Hukum > Hukum (umum). Hukum secara umum. Yurisprudensi > Hukum perdata internasional. Konflik hukum > Obligasi > Kontrak
Hukum > Hukum (umum). Hukum secara umum. Yurisprudensi > Hukum perdata > Obligasi > Kontrak
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Users 2136 tidak ditemukan.
Tanggal Deposit: 12 Jan 2013 01:44
Last Modified: 12 Jan 2013 01:44
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/662

Actions (login required)

View Item View Item