Akibat Hukum Perjanjian Kredit Barang Secara Lisan Antara Bakul Mindring Dengan Konsumen Dalam Hal Terjadi Wanprestasi Di Kabupaten Jepara

Septiani, Melly Hana (2016) Akibat Hukum Perjanjian Kredit Barang Secara Lisan Antara Bakul Mindring Dengan Konsumen Dalam Hal Terjadi Wanprestasi Di Kabupaten Jepara. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal Judul]
Preview
PDF (Hal Judul)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (249kB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (170kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (244kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (106kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (153kB)
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Skripsi yang berjudul “Akibat Hukum Perjanjian Kredit Barang Secara Lisan Antara Bakul Mindring Dengan Konsumen Dalam Hal Terjadi Wanprestasi Di Kabupaten Jepara” ini secara umum bertujuan untuk mengetahui tentang para pihak antara bakul mindring dengan konsumen memaknai perjanjian kredit barang secara lisan dan penyelesaiannya apabila terjadi wanprestasi dalam perjanjian kredit barang secara lisan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis sosiologis. Data yang dikumpulkan berupa data primer dan sekunder. Setelah data diperoleh, maka disusun secara sistematis dan dianalisis secara kualitatif sehingga diperoleh kejelasan mengenai permasalahan yang dibahas, kemudian disusun sebagai skripsi yang bersifat ilmiah. Dari hasil penelitian dapat ditunjukkan bahwa para pihak antara bakul mindring dengan konsumen memaknai perjanjian kredit barang secara lisan menekankan prinsip tolong menolong, kerjasama, gotong royong dan saling percaya, yang merupakan jenis masyarakat paguyuban (gemeinschaft). Penyelesaiannya apabila terjadi wanprestasi dalam perjanjian kredit barang secara lisan dilakukan secara kekeluargaan menggunakan penyelesaian sengketa di lủar pengadilan (non litigasi) yaitu negosiasi. Bakul mindring menyelesaikan wanprestasi yang dilakukan konsumen (tidak melaksanakan pembayaran angsuran kredit barang (prestasi) sama sekali maupun tidak melaksanakan pembayaran angsuran kredit barang (prestasi) tidak tepat waktu) dengan cara komunikasi persuasif (rembug) untuk mendapatkan solusi terbaik.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing: Dr. Suparnyo, SH. MS
Kata Kunci: Akibat Hukum, Kredit Barang, Penyelesaian
Subjects: Hukum > Hukum (umum). Hukum secara umum. Yurisprudensi
Program Studi: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 30 Nov 2016 05:12
Last Modified: 30 Nov 2016 05:12
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6620

Actions (login required)

View Item View Item