Akibat Hukum Perjanjian Kredit Barang Secara Lisan Antara Bakul Mindring Dengan Konsumen Dalam Hal Terjadi Wanprestasi Di Kabupaten Jepara

Septiani, Melly Hana (2016) Akibat Hukum Perjanjian Kredit Barang Secara Lisan Antara Bakul Mindring Dengan Konsumen Dalam Hal Terjadi Wanprestasi Di Kabupaten Jepara. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal Judul) - Accepted Version
Download (243Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (166Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (238Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (989Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (1068Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (103Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
              Download (149Kb)

                Abstrak

                Skripsi yang berjudul “Akibat Hukum Perjanjian Kredit Barang Secara Lisan Antara Bakul Mindring Dengan Konsumen Dalam Hal Terjadi Wanprestasi Di Kabupaten Jepara” ini secara umum bertujuan untuk mengetahui tentang para pihak antara bakul mindring dengan konsumen memaknai perjanjian kredit barang secara lisan dan penyelesaiannya apabila terjadi wanprestasi dalam perjanjian kredit barang secara lisan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis sosiologis. Data yang dikumpulkan berupa data primer dan sekunder. Setelah data diperoleh, maka disusun secara sistematis dan dianalisis secara kualitatif sehingga diperoleh kejelasan mengenai permasalahan yang dibahas, kemudian disusun sebagai skripsi yang bersifat ilmiah. Dari hasil penelitian dapat ditunjukkan bahwa para pihak antara bakul mindring dengan konsumen memaknai perjanjian kredit barang secara lisan menekankan prinsip tolong menolong, kerjasama, gotong royong dan saling percaya, yang merupakan jenis masyarakat paguyuban (gemeinschaft). Penyelesaiannya apabila terjadi wanprestasi dalam perjanjian kredit barang secara lisan dilakukan secara kekeluargaan menggunakan penyelesaian sengketa di lủar pengadilan (non litigasi) yaitu negosiasi. Bakul mindring menyelesaikan wanprestasi yang dilakukan konsumen (tidak melaksanakan pembayaran angsuran kredit barang (prestasi) sama sekali maupun tidak melaksanakan pembayaran angsuran kredit barang (prestasi) tidak tepat waktu) dengan cara komunikasi persuasif (rembug) untuk mendapatkan solusi terbaik.

                Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                Additional Information: Pembimbing: Dr. Suparnyo, SH. MS
                Uncontrolled Keywords: Akibat Hukum, Kredit Barang, Penyelesaian
                Subjects: Hukum > Hukum (umum). Hukum secara umum. Yurisprudensi
                Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
                Depositing User: pustakawan umk
                Tanggal Deposit: 30 Nov 2016 12:12
                Last Modified: 30 Nov 2016 12:12
                URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6620

                Actions (login required)

                View Item