Septiani, Melly Hana (2016) Akibat Hukum Perjanjian Kredit Barang Secara Lisan Antara Bakul Mindring Dengan Konsumen Dalam Hal Terjadi Wanprestasi Di Kabupaten Jepara. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (Hal Judul)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version Download (249kB) |
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (170kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (244kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (106kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf - Accepted Version Download (153kB) |
Abstrak
Skripsi yang berjudul “Akibat Hukum Perjanjian Kredit Barang Secara Lisan Antara Bakul Mindring Dengan Konsumen Dalam Hal Terjadi Wanprestasi Di Kabupaten Jepara” ini secara umum bertujuan untuk mengetahui tentang para pihak antara bakul mindring dengan konsumen memaknai perjanjian kredit barang secara lisan dan penyelesaiannya apabila terjadi wanprestasi dalam perjanjian kredit barang secara lisan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis sosiologis. Data yang dikumpulkan berupa data primer dan sekunder. Setelah data diperoleh, maka disusun secara sistematis dan dianalisis secara kualitatif sehingga diperoleh kejelasan mengenai permasalahan yang dibahas, kemudian disusun sebagai skripsi yang bersifat ilmiah. Dari hasil penelitian dapat ditunjukkan bahwa para pihak antara bakul mindring dengan konsumen memaknai perjanjian kredit barang secara lisan menekankan prinsip tolong menolong, kerjasama, gotong royong dan saling percaya, yang merupakan jenis masyarakat paguyuban (gemeinschaft). Penyelesaiannya apabila terjadi wanprestasi dalam perjanjian kredit barang secara lisan dilakukan secara kekeluargaan menggunakan penyelesaian sengketa di lủar pengadilan (non litigasi) yaitu negosiasi. Bakul mindring menyelesaikan wanprestasi yang dilakukan konsumen (tidak melaksanakan pembayaran angsuran kredit barang (prestasi) sama sekali maupun tidak melaksanakan pembayaran angsuran kredit barang (prestasi) tidak tepat waktu) dengan cara komunikasi persuasif (rembug) untuk mendapatkan solusi terbaik.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing: Dr. Suparnyo, SH. MS |
Kata Kunci: | Akibat Hukum, Kredit Barang, Penyelesaian |
Subjects: | Hukum > Hukum (umum). Hukum secara umum. Yurisprudensi |
Program Studi: | Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1) |
Depositing User: | pustakawan umk |
Date Deposited: | 30 Nov 2016 05:12 |
Last Modified: | 30 Nov 2016 05:12 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6620 |
Actions (login required)
View Item |