Prabowo, Ricky Wahyu (2016) Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (Tps) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Kelas Iv Sdn 7 Bulung Kulon. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (Hal Judul)
HALAMAN_DEPAN.pdf - Accepted Version Download (571kB) |
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (252kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (344kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (465kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (201kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (223kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (185kB) |
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstrak
PenelitianinidilatarbelakangirendahnyahasilbelajarsiswapadamatapelajaranPKnkelas IV SDN 7 BulungKulon, yang disebabkanguru masihmenggunakan model pembelajaranlangsungdanpembelajaranhanyaberpusatpada guru sehinggakeaktifansiswamasihkurang. TujuandaripenelitianiniyaituuntukmeningkatkanhasilbelajarPKnsiswakelas IV danketerampilan guru dalammengelolapembelajaran. Think Pair Sharemerupakanpembelajarankooperatif yang menghendakisiswabekerjasalingmembantudalamkelompokkecildanmenghargaiadanyakerjasama.Hipotesispenelitianinidenganmenggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS)dapatmeningkatkanhasilbelajarsiswapadamatapelajaranPKnsiswakelas IV SDN 7 BulungKulon yang didukungolehranahafektif, kognitifdanpsikomotorik. PenelitianTindakanKelasdilaksanakanpadasiswakelas IV SDN 7 BulungKulontahunpelajaran 2014/2015 yangberjumlah 19 orang, terdiridari 12 siswalaki-lakidan 7 siswaperempuan. Penelitiandilaksanakandalam 2 siklus, masing-masingterdiridari 2 pertemuan, setiappertemuanmelalui 4 tahapanyaituperencanaan, pelaksanaan, observasidanrefleksi. Teknikpengumpulan data yang digunakanadalahwawancara, observasi, dokumentasi, dantes. Hasilpenelitianterbuktimenunjukkanadanyapeningkatan yang signifikanyaituhasilbelajarsiswaranah kognitifsiklus I memperolehpersentasesebesar 75,68% danmeningkat di siklus II menjadi 80,63%. Hasil belajar ranah afektif pada sikus I memperoleh persentasesebesar64,05%danmeningkat pada siklus II menjadi 66,38%. Hasil belajar ranah psikomotorik siklus I memperoleh persentasesebesar63,70%danmeningkat pada siklus II menjadi 68,80%. Keterampilan guru padasiklus I memperolehpersentasesebesar68,78% dengankriteriabaik (B)danmeningkat di siklus II menjadi90,62% dengankriteriasangatbaik (SB). Simpulanpenelitianiniyaitupenerapan model pembelajaranThink Pair SharedapatmeningkatkanhasilbelajarsiswapadapembelajaranPKnkelas IV SDN 7 BulungKulon. Saran dalampenelitianiniyaitusiswahendaknyamemperhatikanpenjelasan yang disampaikanoleh guru dengansungguh-sungguhterkaitlangkah-langkahpembelajaranThink Pair Share, guru hendaknyadalampembelajaranmemahamilangkah-langkahThink Pair Share, hasilpenelitiandapatmenjaditolakukurbagisekolah, kepalasekolahhendaknyamemfasilitasi guru agar dapatmenerapkan model pembelajaranThink Pair Sharedenganmaksimal.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing: Dr. Susilo Rahardjo, M.Pd |
Kata Kunci: | Hasil Belajar PKn, Model Pembelajaran Think Pair Share |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | pustakawan umk |
Date Deposited: | 02 Dec 2016 02:21 |
Last Modified: | 02 Dec 2016 02:21 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6658 |
Actions (login required)
View Item |