Peningkatan Pemahaman Konsep Jaring-Jaring Kubus Dan Balok Melalui Pendekatan Realistic Mathematic Education Berbantu Papercraft Si Unyil

-, Yuliani (2016) Peningkatan Pemahaman Konsep Jaring-Jaring Kubus Dan Balok Melalui Pendekatan Realistic Mathematic Education Berbantu Papercraft Si Unyil. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal Judul) - Accepted Version
Download (795Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (269Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (449Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (452Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (2508Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (439Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (90Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (183Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (10Mb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan pendekatan realistic mathematic education untuk peningkatan pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran matematika materi jaring-jaring balok dan kubus kelas IV SD 2 Bageng. Pendekatan RMEadalah pendekatan dalam pembelajaran yang menggunakan permasalahan realistik yang digunakan sebagai landasan untuk membangun konsep matematika dengan menggunakan hal-hal nyata dan dapat dibayangkan oleh siswa, dalam pembelajaran siswa siswa diajarkan untuk belajar dari permasalahan yang nyata menuju permasalahan yang abstrak. Lima karakteristikRME yang harus dicapai yaitu penggunaan konteks, penggunaan model untuk matematisasi progresif, pemanfaatan hasil konstruksi siswa, interaktivitas, dan keterkaitan.Pemahaman konsep matematika merupakan kemampuan seorang siswa dalam memahami suatu konsep yang terdapat pada materi matematika yang sedang mereka pelajari. Tujuh indikator pemahaman konsep yaitu (1) mengidentifikasi konsep secara verbal; (2) mengidentifikasi membuat contoh dan bukan contoh; (3) mengenal berbagai makna dan interpretasi konsep; (4) menggunakan model, diagram, dan simbol dalam merepresentasikan konsep; (5) mengidentifikasi sifat-sifat konsep dan mengenal syarat yang menentukan konsep; (6) membandingkan dan membedakan konsep; (7) mengubah bentuk representasi ke bentuk yang lainnya.. Hipotesis tindakan dalam penelitian adalah ada peningkatan pemahaman konsep materi jaring-jaring balok dan kubus melalui penerapan pendekatan realistic mathematic educationpada siswa kelas IV SD 2 Bageng Pati tahunpelajaran 2015/2016. Penelitian Tindakan Kelas (PTK)ini dilaksanakan dikelas IV SD 2 Bageng dengan subjek 32 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus adadua pertemuan terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksaaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model realistic mathematic education, sedangkan variabel terikat adalah pemahaman konsep matematika. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Tes berupa tes uraian terkait tentang pemahaman konsep jaring-jaring balok dan kubus. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan implementasi pendekatan realistic mathematic education dapat meningkatkan: (1) pemahaman konsep matematika siswa secara klasikal pada siklus I memperoleh persentase sebesar 64,03% dengan kriteria baik meningkat pada siklus II memperoleh persentase sebesar 81,19% dengan kriteria sangat baik, (2) keterampilan mengajar guru pada siklus I memperoleh rerata skor 4,04 dari total skor 153 dengan kriteria baik meningkat pada siklus II memperoleh rerata skor 4,26 dari total skor 156,5 dengan kriteria sangat baik, (3) aktivitas belajar siswa pada siklus I memperoleh rerata skor 3,14 dan rata-rataskor 53,34 dengan kriteria baik meningkat pada siklus II memperoleh rerata skor 3,71 dan rata-rata skor 63,15 dengan kriteria baik. Simpulan penelitian ini yaitu pendekatan relalistic mathematic education dapat meningkatkan pemahaman konsep jaring-jaring balok dan kubus siswa kelas IV SDN 2 Bageng. Saran dalam penelitian ini yaitu hendaknya lebih mengemas pembelajaran dengan lebih menyenangkan dan juga memberikan langkah-langkah yang jelas kepada siswa. Siswa hendaknya lebih aktif dan bersungguh-sungguh dalam proses pembelajaran serta bertanggungjawab dalam tugas diskusi.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Pembimbing: Dr. Sri Utamingsih, M.Pd
                    Uncontrolled Keywords: Realistic Mathematic Education, Pemahaman Konsep Matematika, Balok dan Kubus.
                    Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                    Depositing User: pustakawan umk
                    Tanggal Deposit: 02 Dec 2016 09:40
                    Last Modified: 02 Dec 2016 09:40
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6660

                    Actions (login required)

                    View Item