Implementasi Program E-KTP dalam Rangka Tertib Administrasi Kependudukan di Kabupaten Pati

Fajri, Irfan (2012) Implementasi Program E-KTP dalam Rangka Tertib Administrasi Kependudukan di Kabupaten Pati. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (618Kb) | Tinjau ulang
    [img] PDF (Bab I) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (134Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab II) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (181Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab III) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (101Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab IV) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (154Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab V) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (39Kb) | Request a copy
              [img]
              Tinjau ulang
              PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
              Download (75Kb) | Tinjau ulang

                Abstrak

                Skripsi yang berjudul “IMPLEMENTASI PROGRAM e-KTP DALAM RANGKA TERTIB ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI KABUPATEN PATI “. Secara umum bertujuan untuk terwujudnya tertib administrasi kependudukan yang dalam sekala nasional dan menjamin kepastian hukum hak sipil penduduk, maka diperlukan pemutakhiran data kependudukan, penerbitan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan penerapan e-KTP. Untuk itu, dalam skripsi ini permasalahan yang dibahas adalah: implementasi program e-KTP dalam rangka tertib administrasi kependudukan di Kabupaten Pati, tanggapan masyarakat terhadap implementasi e-KTP tersebut dan kendala-kendala yang timbul pada implementasi program e-KTP dalam rangka tertib administrasi kependudukan di Kabupaten Pati. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan pendekatan yuridis sosiologis, yang didukung dengan data primer dan sekunder yang dianalisis dengan analisis kualitatif. Berdasarkan analisis hasil penelitian diketahui bahwa implementasi program e-KTP dalam rangka tertib administrasi kependudukan di Kabupaten Pati pada keseluruhannya sudah berhasil dilaksanakan. Keberhasilan tersebut menunjukkan dalam pelayanan publik di bidang administrasi kependudukan telah berhasil sehingga keberhasilan ini akan menjadi pemicu untuk pelayanan-pelayanan publik yang lain ke depan guna mewujudkan pemerintahan yang baik (good governance). Tanggapan masyarakat terhadap implementasi e-KTP di Kabupaten Pati cukup mendukung Keberhasilan program e-KTP di Kabupaten Pati disamping pelayanan administrasi kependudukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pati yang baik, juga masyarakat atau penduduk wajib KTP sangat mendukung program tersebut. Oleh karena itu, antara pelayanan publik dengan dukungan masyarakat saling berkaitan dan saling membutuhkan dalam setiap pelayanan publik oleh Pemerintah. Kendala-kendala yang timbul pada implementasi Program e-KTP di Kabupaten Pati berasal dari pemerintah sendiri yaitu Datangnya alat perekam data yang tidak bisa tepat waktu karena alatnya yang datang tidak bisa serentak dan alatnya juga ada yang tidak lengkap serta tidak bisa dioperasionalkan dan belum dapat diserahkannya e-KTP kepada penduduk tepat waktu karena belum seluruhnya e-KTP selesai dicetak. Kendala dari penduduk adalah adanya penduduk yang bekerja di luar negeri atau boro kerja di luar daerah dan ada juga yang sakit/lanjut usia, maka pelayanan e-KTP tetap masih bisa dilayani. Meskipun demikian Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pati tetap melayani penerbitan e-KTP setiap waktu secara reguler.

                Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                Additional Information: Pembimbing 1 = Ristamadji, SH,MH
                Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Implementasi, e-KTP, Administrasi Kependudukan, Kabupaten Pati
                Subjects: Hukum > Hukum (umum). Hukum secara umum. Yurisprudensi > Layanan publik. Petugas pemerintah. Pegawai negeri sipil.
                Hukum > Hukum (umum). Hukum secara umum. Yurisprudensi
                Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
                Depositing User: Users 2136 tidak ditemukan.
                Tanggal Deposit: 09 Jan 2013 13:16
                Last Modified: 09 Jan 2013 13:16
                URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/667

                Actions (login required)

                View Item