Penerapan Model Pembelajaran Latihan Penelitian Melalui Layanan Penguasaan Konten Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Ipa Di Sd 1 Gondoharum Kudus

-, Sumarwiyah and Ratnasari, Yuni (2017) Penerapan Model Pembelajaran Latihan Penelitian Melalui Layanan Penguasaan Konten Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Ipa Di Sd 1 Gondoharum Kudus. [Experiment] (Submitted)

[thumbnail of Hal. Depan]
Preview
PDF (Hal. Depan)
Hal._Depan.pdf - Accepted Version

Download (131kB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (74kB) | Request a copy
[thumbnail of BAb 2] PDF (BAb 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (114kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (124kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (432kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (9kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (56kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (994kB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran latihan penelitian melalui layanan penguasaan konten untuk meningkatkan penguasaan konsep IPA di SD 1 Gondoharum Kudus. 2) mengetahui efektifitas model latihan penelitian melalui layanan penguasaan konten untuk meningkatkan penguasaan konsep IPA. Model latihan penelitian memiliki lima tahap yaitu pertama menghadapkan masalah, kedua mencari dan mengkaji data, ketiga mengkaji data dan eksperimentasi, ke empat merumuskan masalah dan tahap kelima menganalisis proses penelitian. Layanan penguasaan konten merupakan layanan bantuan kepada individu atau kelompok untuk menguasai kemampuan tertentu melalui kegiatan belajar. Penguasaan konsep IPA adalah kemampuan guru untuk mengatasi konsep dasar IPA pada ranah kognitif. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian quasi experiment one group pretest posttest yang dilengkapi dengan analisis deskriptif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IVA dan IVB SDN 1 Gondoharum Jekulo Kudus. Tehnik pengumpulan data berupa data pre test, post test, observasi, lembar kerja, dan dokumentasi. Analisis data penguasaan konsep didapat dari hasil pretest dan posttest. Skor pretest dan posttest diuji dengan statistik deskriptif meliputi mean, median, standart devisasi, sknewness dan persentiles. Berikutnya dilakukan uji normalitas dan homogenitas sebagai syarat Uji t-test. Uji t-test menggunakan uji paired sample t-test. Keberhasilan penelitian ini terlihat dari efektifitasnya penerapan pembeajaran latihan penelitian untuk meningkatkan penguasaan konsep IPA dilihat dari perubahan nilai rata-rata pre test ke post test meningkat 13,7. Uji T-Test menunjukkan bahwa nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,35 < 0,05, disimpulkan terdapat perbedaan data post test siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Perbedaan tersebut menunjukkan bahwa penguasaan konsep IPA kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol. Efektifitas layanan penguasaan konten yang ditunjukkan skor rata-rata 4,64 untuk kelas eksperimen dengan kualifikasi sangat baik, sedangkan rata-rata kelas kontrol 3 dengan kualifikasi cukup.

Item Type: Experiment
Kata Kunci: Model Latihan Penelitian, Layanan Penguasaan Konten, quasi eksperimen one group pretest posttest, Penguasaan konsep IPA
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 12 Jan 2017 05:27
Last Modified: 12 Jan 2017 05:27
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6704

Actions (login required)

View Item View Item