Efektivitas Model Experiential Jelajah Alam Sekitar (Ejas) Dengan Pendekatan Tematik-Edutainment Untuk Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan Dan Tanggung Jawab Di Sd 1 Bacin

Rahardjo, Susilo and Wanabuliandari, Savitri and Ardianti, Sekar Dwi (2017) Efektivitas Model Experiential Jelajah Alam Sekitar (Ejas) Dengan Pendekatan Tematik-Edutainment Untuk Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan Dan Tanggung Jawab Di Sd 1 Bacin. [Experiment] (Submitted)

[img]
Preview
PDF (Hal Judul)
cover.pdf - Accepted Version

Download (224kB)
[img] PDF (Bab 1)
BAB_1.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (209kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (188kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (124kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (131kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (89kB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (139kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstract

Salah satu penyebab kerusakan lingkungan hidup adalah dikarenakan karakter peduli lingkungan dan tanggung jawab tidak tertanam dengan baik. Guru perlu menanamkan karakter peduli lingkungan dan tanggung jawab kepada peserta didik sejak dini. Dalam penanaman karakter tersebut perlu disertai model pembelajaran yang menyenangkan agar karakter dapat tertanam dengan baik. Model Experiential Jelajah Alam Sekitar (EJAS) merupakan model pembelajaran yang memberikan pengalaman dalam proses belajar peserta didik dan dapat mengembangkan kemampuan personal, sosial, berpikir rasional, metakognisi dan kognisi peserta didik melalui fase utama model, yaitu eksplorasi, interaksi, komunikasi dan refleksi. Selain menggunakan model EJAS, juga menggunakan pendekatan tematik-edutainment. Pendekatan tematik-edutainment yaitu pembelajaran tematik yang menghibur dan meny¬enangkan yang melibatkan unsur tema, proses penemuan (inkuiri) dan permainan yang mendidik. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Efektivitas model Experiential Jelajah Alam Sekitar (EJAS) dengan pendekatan tematik-edutainment terhadap peningkatan karakter peduli lingkungan (2) Efektivitas model Experiential Jelajah Alam Sekitar (EJAS) dengan pendekatan tematik-edutainment terhadap peningkatan karakter tanggung jawab (3) Respon peserta didik terhadap model Experiential Jelajah Alam Sekitar (EJAS) dengan pendekatan tematik-edutainment. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pre experimental design. Hal ini dikarenakan penelitian yang dilakukan hanya menggunakan satu kelompok eksperimen yaitu kelompok peserta didik yang menggunakan model Experiential Jelajah Alam Sekitar (EJAS) dengan pendekatan tematik-edutainment. Teknik penggambilan sampel menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model EJAS dengan pendekatan tematik-edutainment efektif karena (1) terjadi peningkatan karakter peduli lingkungan sebesar 73% dengan kategori tinggi, dan (2) terjadi peningkataan karakter tanggung jawab sebesar 65% dengan kategori sedang, serta (3) respon peserta didik terhadap model Experiential Jelajah Alam Sekitar (EJAS) dengan pendekatan tematik-edutainment pada kategori baik. Luaran penelitian ini berupa artikel jurnal ilmiah “Refleksi Edukatika” Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muria Kudus.

Item Type: Experiment
Uncontrolled Keywords: EJAS, Tematik-Edutainment, Peduli Lingkungan, Tanggung jawab
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 12 Jan 2017 07:03
Last Modified: 12 Jan 2017 07:03
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6709

Actions (login required)

View Item View Item