Penerapan Discovery Learning Berbantuan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis (Penelitian Di Sd N 4 Puyoh Kabupaten Kudus)

Ahyani, Latifah Nur and P, Jayanti Putri (2017) Penerapan Discovery Learning Berbantuan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis (Penelitian Di Sd N 4 Puyoh Kabupaten Kudus). [Experiment] (Submitted)

[thumbnail of Hal Judul]
Preview
PDF (Hal Judul)
cover.pdf - Accepted Version

Download (286kB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (218kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (226kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (437kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (422kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (10kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTKA.pdf - Accepted Version

Download (18kB)
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Pengembangan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di SD N 4 Puyoh Kabupaten Kudus masih belum optimal. Guru-guru di SD tersebut terbiasa mengajar dengan pola teacher centered sehingga mereka merasa kesulitan dalam mengembangkan kemampuan pemecahan masalah matematis pada siswanya. Berdasarkan kajian pustaka, diprediksi discovery learning berbantuan alat peraga dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan discovery learning berbantuan alat peraga diatas KKM; (2) mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan discovery learning berbantuan alat peraga mencapai ketuntasan klasikal 75%; (3) mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui discovery learning berbantuan alat peraga; (4) mengetahui aktivitas siswa selama proses pembelajaran melalui yang menggunakan discovery learning berbantuan alat peraga; dan (5) mengetahui respon siswa tehadap pembelajaran yang menggunakan discovery learning berbantuan alat peraga. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen melalui discovery learning berbantuan alat peraga dengan teknik pretest posttest one group. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis, angket skala sikap siswa, perangkat pembelajaran dan lembar observasi. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan diperoleh simpulan bahwa: (1) Rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan discovery learning berbantuan alat peraga dibawah Kriteria Kentutasan Maksimum (KKM); (2) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan discovery learning berbantuan alat peraga tidak mencapai ketuntasan klasikal 75%; (3) Discovery learning berbantuan alat peraga dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa; (4) Aktivitas siswa selama proses pembelajaran yang menggunakan discovery learning berbantuan alat peraga bagus dengan persentase rata-rata aktivitas siswa 83%; dan (5) Siswa menunjukkan respon positif tehadap pembelajaran matematika yang menggunakan discovery learning berbantuan alat peraga dengan persentase rata-rata siswa yang merespon positif 82,11%

Item Type: Experiment
Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Discovery Learing, Alat Peraga
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Psikologi > Ilmu Psikologi (S1)
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 12 Jan 2017 07:30
Last Modified: 12 Jan 2017 07:30
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6711

Actions (login required)

View Item View Item