Metode Pembelajaran Observasional Dalam Meningkatkan Kesiapan Sekolah (Ketrampilan Motorik, Dan Kemandirian) Pada Anak Usia 5-6 Tahun.

pramono, Ridwan Budi dan Ahyani, Latifa Nur (2016) Metode Pembelajaran Observasional Dalam Meningkatkan Kesiapan Sekolah (Ketrampilan Motorik, Dan Kemandirian) Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Intuisi, 8 (2). ISSN 2086-0803

[img]
Tinjau ulang
Image (JPEG) (Cover) - Published Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Depan) - Published Version
Download (99kB) | Tinjau ulang
[img]
Tinjau ulang
PDF (artikel) - Published Version
Download (2MB) | Tinjau ulang

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas metode pembelajaran observasional dalam meningkatkan kesiapan sekolah dalam hal ketrampilan motorik, dan kemandirian. Subjek penelitian adalah siswa TK B berusia 5-6 tahun. Jumlah subjek pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sama yaitu masing-masing 16 anak, 8 anak berjenis kelamin laki-laki dan 8 anak berjenis kelamin perempuan. Rancangan penelitian ini menggunakan model The Untreated Control Group Design with Pretest and Posttest. Desain ini menggunakan dua kelompok yang diamati yang terdiri dari satu kelompok eksperimen dan satu kelompok kontrol. Pengukuran dilakukan dua kali dengan menggunakan alat tes BG II dan CDI yaitu sebelum diberikan perlakuan (pre-test) dan sesudah diberikan perlakuan (post-test). Perlakuan dengan metode pembelajaran observasional disampaikan dengan konsep dongeng dan sosiodrama berdasarkan modul pembelajaran observasional.

Tipe dokumen: Artikel
Uncontrolled Keywords: Kesiapan sekolah, ketrampilan motorik, kemandirian, metode pembelajaran observasional.
Subjects: FIlsafat. Psikologi. Agama > Psikologi
FIlsafat. Psikologi. Agama > Psikologi > Psikologi terapan
Divisions: Fakultas Psikologi > Ilmu Psikologi (S1)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 24 Jan 2017 02:07
Last Modified: 16 Feb 2017 06:26
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6716

Actions (login required)

View Item View Item