Lestari, Indah and Hidayati, Richma and Mahardika, Nur (2017) Model Bimbingan Karir Berbasis Life Skills Untuk Meningkatkan Kematangan Karir Siswa Kelas X Smk Assa’idiyah 2 Kudus Tahun Pelajaran 2016/2017. [Experiment] (Submitted)
Preview |
PDF (Hal Judul)
COVER,_PENGESAHAN,_CV.pdf - Accepted Version Download (275kB) |
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (384kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (622kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (202kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (584kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (140kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (210kB) |
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (308kB) | Request a copy |
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan program bimbingan karir berbasis life skills utuk meningkatkan kematangan karir. Kematangan karir merupakan kemampuan individu dalam pengambilan keputusan tentang pendidikan lanjutan dan pekerjaan yang didasari oleh pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Hal tersebut mengasumsikan bahwa perkembangan kematangan karir merupakan peranan individu dalam dunia yang mereka tempati. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D), dengan langkah-langkah penelitian sebagai berikut: (1) Persiapan Pengembangan Model, (2) Merancang Model Hipotetik, (3) Uji Kelayakan Model Hipotetik, (4) Penyusunan Model Awal, (5) Uji Lapangan Model Awal, (6) Hasil Akhir Produk. Hasil pengembangan model bimbingan karir berbasis life skills untuk meningkatkan kematangan karir adalah: (1) Rasional, (2) Visi dan Misi Konseling Kelompok, (3) Tujuan Konseling karir, (4) Isi Bimbingan karir (5) Pendukung Sistem Bimbingan karir, (6) Tahapan Bimbingan karir. Model bimbingan karir secara efektif dapat meningkatkan kematangan karir siswa SMK pada semua indicator. Hal ini berdasarkan perbedaan skor pada evaluasi awal 136 poin dan evaluasi akhir sebesar 172 poin, dimana kematangan karir siswa meningkat 36 poin, atau signifikansi hitung (sig. 2-tailed) 0,000 pada taraf signifikansi 95% (0,05). Oleh karena nilah signifikansi hitung < 0,05 maka hipotesis nihil (Ho) ditolak, sedangkan hipotesis alternative diterima.
Item Type: | Experiment |
---|---|
Kata Kunci: | bimbingan karir, life skills, kematangan karir |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling |
Depositing User: | pustakawan umk |
Date Deposited: | 31 Jan 2017 01:43 |
Last Modified: | 31 Jan 2017 01:43 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6719 |
Actions (login required)
View Item |