Pelaksanaan Penyidikan terhadap Tindak Pidana Perkosaan yang Dilakukan oleh Anak (Studi Kasus di Polres Kudus)

Widiatmoko, Agus (2012) Pelaksanaan Penyidikan terhadap Tindak Pidana Perkosaan yang Dilakukan oleh Anak (Studi Kasus di Polres Kudus). Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (455kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab I) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (173kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab II) - Submitted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (295kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab III) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (192kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab IV) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (194kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab V) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (107kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (101kB) | Tinjau ulang

Abstrak

Skripsi yang berjudul “ PELAKSAAN PENYIDIKAN TERHADAP TINDAK PIDANA PERKOSAAN YANG DILAKUKAN OLEH ANAK (Studi Kasus di Polres Kudus) “. Secara umum bertujuan Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan penyidikan terhadap tindak pdana perkosaan yang dilakukan oleh anak apakah sudah dilaksanakan berdasarkan ketentuan Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana (KUHAP) dan Undang-Undang No 3 Tahun 1997 tentang Pengadilan Anak. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis sosiologis, dengan cara melakukan penelitian mengenai proses pelaksanaan penyidikan terhadap tindak pidana yang dilakukan oleh anak dengan korban juga anak. Dalam teknik pengumpulan data, penulis mengguanakan data primer dan sekunder. Setelah data diperoleh, maka disusun secara sistematis dan selanjutnya dianalisa secara deskriptif, sehingga dapat memberikan gambaran secara rinci, sistematis dan menyaluruh mengenai mekanismenya pelaksanaan penyidikan terhadap tindak pidana perkosaan yang dilakukan oleh anak dengan korban juga anak. Dari hasil penelitian yang diperoleh dihasilkan 2 (dua) kesimpulan, Bahwa dalam Pelaksanaan Penyidikan terhadap tindak pidana perkosaan yang dilakukan oleh anak dengan korban anak di Polres Kudus yang dilakukan oleh penyidik belum sepenuhnya sesuai dengan prosedur yang ada di dalam Undang-Undang No 3 Tahun 1997 tentang Pengadilan Anak. Tahapan dimulai setelah adanya laporan dari pihak korban pihak penyidik langsung menindak lanjuti laporan tersebut yang dimulai dari pemanggilan, pemeriksaan saksi-saksi, penyitaan barang bukti, pemanggilan para tersangka yang pada waktu sudah diberi surat panggilan untuk dimintai keterangan di Polres Kudus tidak datang. Pihak penyidik melakukan penangkapan terhadap para tersangka, dan setelah melakukan penangkapan pihak penyidik dengan pertimbangannya lalu melakukan penahanan kepada para tersangka hal ini dapat dilihat dari tata cara pelaksanaanya pada saat dilakukannya penyidikan diatas. Beberapa hal yang kurang di perhatikan oleh penyidik pada saat melakukan pemeriksaan adalah, adanya tekanan dari pihak penyidik berupa gertakan-gertakan sehingga membuat para tersangka menjadi tertekan pada waktu memberikan keterangan. Kendala-kendala yang dihadapi penyidik dalam melakukan penanganan tindak pidana perkosaan yang dilakukan oleh anak di Polres Kudus ada 2 (dua) yaitu kendala internal dan kendala eksternal.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing 1 = ISKANDAR WIBAWA, SH.MH Pembimbing 11 = WIWIT ARIYANI, SH.MHum
Uncontrolled Keywords: Penyidikan, Perkosaan, Anak,
Subjects: Hukum > Hukum (umum). Hukum secara umum. Yurisprudensi > Hukum pidana dan prosedurnya > Hukum pidana anak-anak dan prosedurnya
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Users 2136 tidak ditemukan.
Tanggal Deposit: 10 Jan 2013 02:39
Last Modified: 10 Jan 2013 02:39
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/673

Actions (login required)

View Item View Item