Penerapan Model Think Talk Write Berbantuan Media Gambar Fotografi Untuk Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Bebas Pada Siswa Kelas V Sd 4 Kesambi Kudus

-, Maslikhah (2017) Penerapan Model Think Talk Write Berbantuan Media Gambar Fotografi Untuk Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Bebas Pada Siswa Kelas V Sd 4 Kesambi Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal Judul) - Accepted Version
Download (648Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (227Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (354Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (434Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (1476Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (248Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (204Kb) | Request a copy
                [img] PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
                Download (105Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (5Mb) | Request a copy
                    [img] Microsoft PowerPoint
                    Download (584Kb)

                      Abstrak

                      Penelitianinibertujuanuntuk (1)mengetahuipeningkatan keterampilan menulis puisi pada siswa kelas V SD 4 Kesambi Kudus, (2) mendeskripsikan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran bahasa Indonesia materi menulis puisi bebas melalui model think talk write berbantuan media gambar fotografi pada siswa kelas V SD 4 Kesambi Kudus, (3) mendeskripsikan aktivitas belajar siswa kelas V SD 4 Kesambi Kudus dengan diterapkannya model think talk write berbantuan media gambar fotografi. Keterampilan menulis puisi merupkansuatukemampuanatauketerampilanbahasaseseorangdalammegungkapkangagasanpikiranberbentuksajakdenganbahasa yang dipadatkan, menggunakanpilihan kata tertentu (diksi). Model think talk write merupakan model pembelajaran yang dapatmelatihanakberfikirmelalui LKS ataubahanbacaan, kemudianbahanbacaanatau LKS tersebutdidiskusikandengantemannya, kemudianhasildiskusitersebutdituangkankedalambentuktulisan. Model iniakanditerapkandalammatapelajaranbahasa Indonesia materipuisibebaskelas V. Model inidibantuoleh media gambarfotografiberupafoto guru, SD 4 Kesambi, sepeda, pemandanganpantai. Hipotesistindakan dalam penelitian ini adalah penerapan model think talk write berbantuan media gambar fotografi dapat meningkatkan keterampilan menulis, keterampilan guru, dan aktivitas siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia materi puisi bebas di SD 4 Kesambi Kudus. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di SD 4 Kesambi Kudus dengan subjek penelitian 23 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model think talk write berbantuan media gambar fotografi. Variabel terikat adalah keterampilan menulis puisi. Instrumen penelitian ini adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapan model think talk writeberbantuan media gambarfotografidapatmeningkatnkanketerampilanmenulispuisisiswa, keterampilanmengajar guru, danaktivitasbelajarsiswa. Hal initerlihatdaritercapainyaindikatorkeberhasilanyakni (1) persentaseketuntasanbelajarklasikalpadatesketerampilanmenulispuisisiklus I 69,57% meningkatmenjadi 91,3% padatesketerampilanmenulispuisisiklus II denganpeningkatannilai rata-rata kelaspadasiklus I 68,69 menjadi 82,17 padasiklus II; (2) keterampilan guru

                      Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                      Additional Information: Pembimbing: Drs. Moh. Kanzunnudin, M.Pd
                      Uncontrolled Keywords: Think Talk Write, Media Gambar Fotografi, Keterampilan Menulis Puisi Bebas
                      Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
                      Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                      Depositing User: pustakawan umk
                      Tanggal Deposit: 11 Apr 2017 09:16
                      Last Modified: 11 Apr 2017 09:16
                      URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6783

                      Actions (login required)

                      View Item