Peningkatkan Hasil Belajar Pkn Siswa Kelas V Menggunakan Model Pembelajaran Groupinvestigation (Gi) Sd 1 Kesambimejobo Kudus

Ningrum, Eri Widya (2017) Peningkatkan Hasil Belajar Pkn Siswa Kelas V Menggunakan Model Pembelajaran Groupinvestigation (Gi) Sd 1 Kesambimejobo Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal judul) - Accepted Version
Download (568Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (238Kb) | Request a copy
      [img] PDF (bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (418Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (492Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (876Kb) | Request a copy
            [img] PDF (bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (319Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (207Kb) | Request a copy
                [img] PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
                Download (306Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (2761Kb) | Request a copy
                    [img] Microsoft PowerPoint (sidang) - Accepted Version
                    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                    Download (16Mb) | Request a copy

                      Abstrak

                      Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran, dan menemukan peningkatan HasilbelajarPKnsiswapadamateriOrganisasi kelas V SD 1 Kesambi. Group Investigation (GI) adalahkelompokkeciluntukmenuntundanmendorongsiswadalamketerlibatanbelajar.Metodeinimenuntutsiswauntukmemilikikemampuan yang baikdalamberkomunikasimaupundalamketerampilan proses kelompok (group process skills). Hasilakhirdarikelompokadalahsumbangan ide daritiapanggotasertapembelajarankelompok yang notabenelebihmengasahkemampuanintelektualsiswadibandingkanbelajarsecara individual.HasilbelajarPKnmerupakanKemampuanketerampilan, sikapdanpengetahuan yang di perolehsiswasetelahiamelakukan proses pembelajaran yang telah di rencanaknoleh guru sehinggadapatmengkontruksikanapa yang telah di dapatkandalamkehidupansehari-haridanPKnmerupakan Mata pelajaran yang mengfokuskanpadapembentukanwarga Negara yang memahamidanmampumelaksanakanhak-hakdankewajibanuntukmenjadiwarga Negara Indonesia yang cerdas, terampil, danberkarakter. Hipotesis tindakan dalam penelitian adalah penerapan Model Group Investigation (GI)dapat meningkatakan keterampilan guru, aktivitas belajar siswa, dan HasilBelajarPKnmateriOrganisasisiswa kelas V SD 1 Kesambi. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus memiliki 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Lokasi penelitian di SD 1 Kesambi dengan subjek penelitian 21 siswa kelas V. Variabel bebas adalah Model Group Investigation dan variabel terikat adalahHasilBelajarPKnMateriOrganisasi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian keterampilan guru siklus I memperoleh skor rata-rata 68,62 (Baik) dan meningkat pada siklus II menjadi 84,02 (Sangat Baik). Hasil penelitian pada aktivitas belajar siswa silus I memperoleh skor rata-rata 70,78 (Baik) dan meningkat pada siklus II menjadi 80,63 (Sangat Baik). Sedangkan hasil penelitian HasilBelajarPKnsiswa materi Organisasi pada siklus I ketuntasan klasikal 73,10% (kurang) dengan skor rata-rata kelas 73,10. Meningkat pada siklus II dengan ketuntasan klasikal menjadi 78,10% (baik) dengan skor rata-rata kelas 78,10. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Group Investigationdapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, meningkatkan aktivitas belajar siswa, dan meningkatkanHasilBelajarPKnsiswa kelas V SD 1 Kesambi pada materi Organisasi. Adapun saran yang diberikanpeneliti yaitu Model Group Investigationdapat digunakan untuk meningkatkan HasilBelajarPKnsiswa.

                      Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                      Additional Information: Pembimbing: Dr. Murtono, M.Pd
                      Uncontrolled Keywords: ModelGroup Investigation (GI), HasilBelajarPKn, Materi Organisasi
                      Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
                      Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                      Depositing User: pustakawan umk
                      Tanggal Deposit: 11 Apr 2017 10:12
                      Last Modified: 11 Apr 2017 10:12
                      URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6784

                      Actions (login required)

                      View Item