Pelaksanaan Pemberian Pembebasan Bersyarat dan Cuti Bersyarat bagi Narapidana sebagai Pemenuhan Hak-hak Narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Semarang

Alumna, Ovaria Etha (2012) Pelaksanaan Pemberian Pembebasan Bersyarat dan Cuti Bersyarat bagi Narapidana sebagai Pemenuhan Hak-hak Narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Semarang. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (654kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab I) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (227kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab II) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (213kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab III) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (163kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab IV) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (351kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab V) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (157kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (196kB) | Tinjau ulang

Abstrak

Skripsi yang berjudul “Pelaksanaan Pemberian Pembebasan Bersyarat dan Cuti Bersyarat Bagi Narapidana Sebagai Pemenuhan Hak-Hak Narapidana Di Lembaga Pemasyarakatan Semarang” ini secara umum bertujuan untuk untuk mengetahui pelaksanaan pemberian pembebasan bersyarat dan cuti bersyarat bagi narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Semarang, untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi oleh Lembaga Pemasyarakatan Semarang dalam memberikan pembebasan bersyarat dan cuti bersyarat, dan untuk memberi solusi atas kendala-kendala yang dihadapi oleh Lembaga Pemasyarakatan Semarang dalam memberikan pembebasan bersyarat dan cuti bersyarat. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis sosiologis. Dalam hal teknik pengumpulan data, penulis menggunakan data primer dan data sekunder. Setelah data diperoleh, maka disusun secara sistematis dan selanjutnya dianalisa secara induktif, sehingga diperoleh kejelasan mengenai permasalahan yang dibahas dan selanjutnya disusun sebagai skripsi yang bersifat ilmiah. Dari hasil penelitian dapat ditunjukan bahwa pelaksanaan pemberian pembebasan bersyarat dan cuti bersyarat bagi narapidana sebagai pemenuhan hak-hak narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Semarang merupakan bentuk pembinaan secara ekstramural dilaksanakan di bawah pengawasan langsung oleh Balai Pemasyarakatan bukan lagi pihak Lembaga Pemasyarakatan. Di mana narapidana diharuskan terlebih dahulu memenuhi syarat substantif dan administratif secara mutlak untuk dapat diusulkan pembebasan bersyarat dan cuti bersyarat di Kantor Wilayah Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia serta Direktur Jenderal Pemasyarakatan. Narapidana yang disetujui usulan pembebasan bersyarat dan cuti bersyarat dapat menjalani sisa dari masa pidana di rumah, bagi narapidana pembebasan bersyarat ada pengawasan terhadap mereka dari pihak Kejaksaan dan bimbingan dari Balai Pemasyarakatan dalam masa percobaan selama 1 tahun, sedangkan untuk narapidana cuti bersyarat pengawasan dilakukan oleh Balai Pemasyarakatan. Kendala yang dihadapi meliputi kendala internal dan eksternal, kendala internal yaitu terkait belum maksimalnya pelayanan Aparat Penegak Hukum terhadap narapidana. Sedangkan kendala eksternal yaitu sering kali terkait dengan keterlambatan keluarga narapidana dalam memberikan surat jaminan atau surat pernyataan. Upaya yang dapat dilaksanakan meliputi upaya internal dan eksternal, untuk upaya internal yaitu peningkataan koordinasi antara Aparat Penegak Hukum dalam memberikan pelayanan terhadap narapidana. Sedangkan upaya eksternal yaitu berupa himbauan kepada keluarga narapidana untuk melengkapi syarat-syarat yang dibutuhkan (surat jaminan, surat pernyataan, KTP penjamin, KTP narapidana, kartu keluarga dan lain-lain).

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing 1 = Henny Susilowati, SH.MH
Uncontrolled Keywords: Pembebasan Bersyarat, Cuti Bersyarat, Narapidana
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Patologi sosial. Kesejahteraan publik dan sosial > Administrasi keadilan kriminal
Ilmu-ilmu Sosial > Patologi sosial. Kesejahteraan publik dan sosial > Administrasi keadilan kriminal > Penologi. Ilmu pemberian hukuman dan penjara. penjara.
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Users 2136 tidak ditemukan.
Tanggal Deposit: 10 Jan 2013 01:13
Last Modified: 10 Jan 2013 01:13
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/679

Actions (login required)

View Item View Item