Penerapan Model Konseling Rasional Emotif Untuk Mengatasi Sikap Hedonisme Pada Siswa Kelas Xi Tkr Smk Negeri 3 Kudus Tahun Pelajaran 2016/2017

Wirawan, Mahfud (2017) Penerapan Model Konseling Rasional Emotif Untuk Mengatasi Sikap Hedonisme Pada Siswa Kelas Xi Tkr Smk Negeri 3 Kudus Tahun Pelajaran 2016/2017. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal judul]
Preview
PDF (Hal judul)
halaman_depan.pdf - Accepted Version

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
bab_1.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (202kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
bab_2.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (318kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
bab_3.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (220kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
bab_4.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (288kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
bab_5.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (169kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
bab_6.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (55kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar pustaka]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
daftar_pustaka.pdf - Accepted Version

Download (60kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (528kB) | Request a copy
[thumbnail of Sidang] Microsoft PowerPoint (Sidang)
Presentation_Skripsi_Mahfud.pptx - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (189kB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan penelitian: 1. Menemukan faktor-faktor yang yang mempengaruhi sikap hedonisme, dan 2. Membantu mengatasi sikap hedonisme pada siswa kelas XI TKR SMK Negeri 3 Kudus Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini membahas model konseling RET yaitu pendekatan terapi yang memfokuskan kepada upaya untuk mengubah pola berfikir klien yang irasional sehingga dapat mengurangi gangguan emosi atau perilaku yang maladaptive.Sikap hedonisme yang dimaksud adalah pandangan hidup individu yang beranggapan bahwa hidup hanya untuk bersenang-senang dan berfoya-foya bagaimanapu caranya, sehingga kesenangan dan kenikmatan merupakan tujuan utama. Jenis penelitian studi kasus pada tiga siswa kelas XI TKR SMKN 3 Kudus yang memiliki sikap hedonisme melalui konseling RET teknik persuasive, reinforcement, dan social modeling. Sumber data wali kelas, guru BK, teman klien, klien, dan orang tua klien. Teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dokumentasi, dan home visit.Analisis data menggunakan teknik analisa induksi sistem bacoon. Hasil penelitian; Klien I (MS) memiliki sikap hedonisme karena konsep diri negatif dan iklan media massa. Dampaknya MS selalu mengutamakan kesenangan tanpa menghiraukan orang lain, lebih suka bolos sekolah dengan jalan-jalan di mall, dan berhura-hura bersama teman-temannya, serta adanya iklan media massa mendorongnya mengikuti perilaku model iklan dalam memodifikasi kendaraan. Melalui konseling RET tiga kali pertemuan sikap hedonisme klien yang semula mengutamakan kesenangan semata menjadi lebih rajin dalam belajar. Klien II (AD) memiliki sikap hedonisme karena motif kebutuhan terhadap prestise dan pola asuh orang tua permisif.Danpaknya AD selalu ingin memperoleh kehormatan, wibawa, dan kemampuan dengan memodifikasi kendaraan dan mencari perhatian dengan konvoi kendaraan.Serta orang tua yang memanjakannya membuatnya bertindak sesuka hati. Melalui konseling RET tiga kali pertemuan klien yang semula mengutamakan kesenangan semata dan manja menjadi lebih rajin, dan mandiri dalam belajar. Klien III (NK) memiliki sikap hedonisme karena kepribadian negatif dan konformitas teman sebaya. Dampaknya NK ingin selalu dikenal orang lain dengan konvoi kendaraan sepulang sekolah, dan adanya dorongan dari teman sebaya untuk berhura-hura daripada belajar. Melalui konseling RET tiga kali pertemuan klien yang semula mengutamakan kesenangan semata dan dorongan teman untuk berhura-hura menjadi lebih rajin, dan mandiri dalam belajar. Simpulan faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi klien I (MS) konsep diri negatif dan iklan media massa. Klien II (AD) motif kebutuhan terhadap prestise dan pola asuh orang tua permisif.Klien III (NK) kepribadian negatif yaitu perasaan tertekan (stress) dan konformitas teman sebaya. Disarankan bagi kepala untuk memonitoring dan evaluasi perilaku siswa, bagi guru BK untuk melaksanakan layanan RET, bagi wali kelas mengidentifikasi secara dini terhadap siswa yang memiliki sikap hedonisme, bagi siswa bersikap terbuka, berpartisipasi aktif, dan kooperatif dalam proses konseling, dan bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat lebih memperkaya penelitian ini, yaitu dengan menerapkan pendekatan bimbingan melalui teknik-teknik yang berbeda misalnya melalui layanan behavioristik.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Drs. ASucipto, M.Pd., Kons
Kata Kunci: Konseling RET dan Sikap Hedonisme.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 22 Apr 2017 08:04
Last Modified: 22 Apr 2017 08:04
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6832

Actions (login required)

View Item View Item