Upaya Meningkatkan Minat Siswa Terhadap Ekstrakurikuler Seni Tari Merak Melalui Layanan Penguasaan Konten Dengan Teknik Simulasi Siswa Kelas Viii Smp N 1 Mayong Jepara

Aghniya , Noor Elysa (2017) Upaya Meningkatkan Minat Siswa Terhadap Ekstrakurikuler Seni Tari Merak Melalui Layanan Penguasaan Konten Dengan Teknik Simulasi Siswa Kelas Viii Smp N 1 Mayong Jepara. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal judul) - Accepted Version
Download (479kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (193kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (346kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (598kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (134kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (103kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Dafatr Pustaka) - Accepted Version
Download (29kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] Microsoft PowerPoint (Sidang) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (327kB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah : 1. Mendeskripsikan penerapan layanan penguasaan konten dengan teknik simulasi dalam upaya meningkatkan minat siswa terhadap ekstrakurikuler seni tari merak pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Mayong Jepara, 2.Diperoleh peningkatan minat siswa terhadap ekstrakurikuler seni tari merak sebelum dan sesudah diberikan layanan penguasaan konten dengan teknik simulasi pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Mayong Jepara. Layanan penguasaan konten merupakan layanan bantuan kepada individu (sendiri maupun kelompok) untuk menguasai kemampuan atau kompetensi tertentu melalui kegiatan belajar. Teknik simulasi merupakan gabungan dari teknik bermain peran dan teknik diskusi, permainan simulasi ini ditujukkan untuk merefleksi situasi – situasi yang ada pada situasi kehidupan yang sebenarnya. Hipotesis penelitian ini adalah 1. Pelaksanaan layanan penguasaan konten dengan teknik simulasipada siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Mayong Jepara, 2. Peningkatan minat siswa terhadap kegiatan ekstrakurikuler seni tari merak sebelum dan sesudah dilaksanakannya layanan penguasaan konten dengan teknik simulasi pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Mayong Jepara. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling. Subjek yang diteliti adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Mayong Jepara sebanyak 36 siswa yang memiliki minat siswa terhadap ekstrakurikuler seni tari merak masih kurang. Penelitian ini dilakukan dalam II siklus dan setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan dengan alokasi waktu setiap pertemuan 40 menit. Variabel terikat adalah kurangya minat siswa terhadap ekstrakurikuler seni tari merak. Sedangkan variabel bebas adalah layanan penguasaan konten dengan teknik simulasi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data deskriptif kualitatif Hasil penelitian pra-siklustentang minat siswa terhadap ekstrakurikuler seni tari merak pada siswa kelas VIII A SMP N 1 Mayong Jeparamemperoleh skor rata- rata 12 dengan prosentase 35% masuk dalam kategori sangat kurang. Pada siklus I pertemuaan pertama memperoleh skor rata-rata 16 dengan presentase 46% masuk dalam kategori kurang yang berarti mengalami peningkatan 44% dari pra siklus. Pertemuan kedua memperoleh skor 17 dengan presentase 50% masuk dalam kategori kurang dan pertemuan ketiga memperoleh skor rata-rata 18 dengan presentase 53% masuk dalam kategori cukup. Siklus II pertemuan petama memperoleh skor rata-rata 22 dengan presentase 63% masuk dalam kategori cukup. Pertemuan kedua memperoleh skor rata-rata 24 dengan presentase 69% masuk dalam kategori baik dan pertemuan ketiga memperoleh skor rata-rata 26 dengan presentase 72% masuk dalam kategori baik. Simpulan hasil penelitian ini adalah peningkatan minat siswa terhadap ekstrakurikuler seni tari merak, siklus I dengan prosentase 497% dalam kategori kurang, siklus II memperoleh dengan prosentase 68% dalam kategori baik. Dengan demikian layanan penguasaan konten dengan teknik simulasi dapat meningkatkan minat siswa terhadap esktrakurikuler sni tari merak kelas VIII A SMP N 1 Mayong Jepara. Ada peningkatan sebasar 20% dari siklus I. Jadi hipotesis yang berbunyi layanan penguasaan konten dengan teknik simulasi dapat meningkatkan minat siswa terhadap ekstrakurikuler seni tari merak pada siswa kelas VIII A SMP N 1 Mayong Jepara dapat diterima karena sesuai dengan indikator keberhasilan. Disarankan kepada : 1. Kepala Sekolah dapat memberikan sarana dan prasarana yang mendukung agar program bimbingan dan konseling dengan teknik simulasi dalam meningkatkan minat siswa terhadap ekstrakurikuler seni tari merak fasilitas mendukung program bimbingan dan konseling khususnya layanan penguasaan konten dengan teknik simulasi, 2. Kepada Konselor, dapat memberikan layanan penguasaan konten dengan teknik simulasi untuk meningkatkan minat siswa terhadap ekstrakurikuler seni tari merak, 3. Kepada Peneliti mempraktikkan teori-teori bimbingan dan konseling khususnya penguasaan konten dengan teknik simulasi untuk meningkatkan minat siswa terhadap ekstrakurikuler seni tari merak, 4. Kepada Siswa, diharapkan setelah mengikuti layanan penguasaan konten dengan teknik simulasi siswa bisa mendapatkan manfaat yang lebih baik dalam meningkatkan minat siswa terhadap ekstrakurikuler seni tari merak.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Hj. Sutarti, SE.,MM
Uncontrolled Keywords: Minat Ekstrakurikuler Seni Tari Merak, Penguasaan Konten dengan TeknikSimulasi
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 25 Apr 2017 02:16
Last Modified: 25 Apr 2017 02:16
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6837

Actions (login required)

View Item View Item