Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Melalui Layanan Penguasaan Konten Berbantuan Menggambar Dengan Pasir Warna Di Tk Pertiwi 02 Mijen Kudus

Febriani, Norma Nailul (2017) Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Melalui Layanan Penguasaan Konten Berbantuan Menggambar Dengan Pasir Warna Di Tk Pertiwi 02 Mijen Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal judul) - Accepted Version
Download (864Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (222Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (374Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (649Kb) | Request a copy
          [img] PDF (bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (2474Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (211Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (193Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (253Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (3923Kb) | Request a copy
                    [img] Microsoft PowerPoint (Sidang) - Accepted Version
                    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                    Download (2195Kb) | Request a copy

                      Abstrak

                      Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan pelaksanaan layanan Penguasaan Konten berbantuanmedia gambar dengan pasir warna di kelopok B TK Pertiwi 2 Mijen. (2) Mendeskripsikanpeningkatanketerampilan motorik halus sesudah diberikannya layanan Penguasaan Konten berbantuan menggambar dengan pasir warna pada anak kelompok B TK Pertiwi 2 Mijen. Ketrampilan motorik halus adalah gerakan yang menggunakan otot- otot halus atau sebagian anggota tubuh tertentu, yang dipengaruhi oleh kesempatan untuk belajar dan berlatih. Artinya, di seluruh Taman Kanak-kanak harus terdapat adanya pembelajaran dan pelatihan keterampilan motorik halus, agar anak tidak mengalami keterlambatan dalam perkembangannya. Untuk itu, dalam mewujudkan pembelajaran dan pelatihan tersebut, dibutuhkan adanya stimulus yang dapat menunjang keterampilan motorik halus. Maka, peneliti berupaya menciptakan hal tersebut dengan cara meningkatkan keterampilan motorik halus anak melalui layanan penguasaan konten berbantuan menggambar dengan pasir warna. Hipotesis penelitian ini adalah “Layanan Penguasaan Konten berbantuan Menggambar dengan Pasir Warna dapat Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Kelompok B TK Pertiwi 2 Mijen”. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling. Subjek yang diteliti adalah siswa TK Pertiwi 2 Mijen sebanyak 22 siswa yang mengalami keterlambatan perkembangan motorik halus. Terdapat dua variabel dalam penelitian ini yaitu Variabel Bebas (layanan penguasaan konten berbantuan menggambar dengan pasir warna) dan Variabel Terikat (keterampilam motorik halus Anak TK). Penelitian dilakukan 2 siklus (Siklus I dan siklus II). Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif komparatif dengan membandingkan tingkat keterampilan motorik halus anak TK antara kondisi awal siswa pada siklus I, dibandingkan dengan siklus II. Setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan dan setiap satu pertemuan membahas dengan alokasi waktu 60 menit. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian pra siklus keterampilan motorik halus 22 Siswa TK Pertiwi 2 Mijen Tahun Pelajaeran 2015/2016 memperoleh jumlah rata-rata skor 12,55dengan persentase sebesar 44,82% tergolong kategori mulai berkembang. Siklus I memperolehan jumlah rata-rata skor 13,68 dengan persentase sebesar 48,86% tergolong kategori mulai berkembang. Selanjutnya pada siklus II memperoleh jumlah rata-rata skor 24,23 dengan persentase sebesar 86,54% tergolong kategori berkembang sangat baik. Simpulan hasil penelitian ini adalah terjadinya peningkatan keterampilan motorik halus siswa TK Pertiwi 2 Mijen, dengan bukti sebelum mendapatkan layanan penguasaan konten berbantuan menggambar dengan pasir warna memperoleh jumlah skor 276 dengan persentase 44,82% dan memperoleh kategori mulai berkembang.Setelah penelitian dilakukan, keterampilan motorik halus siswa meningkat. Hal ini dapat diketahui dari hasil observasi peneliti pada siklus I memperoleh skor persentase 48,86% dengan kategori mulai berkembang. Pada siklus II menunjukkan adanya peningkatan dengan perolehan skor persentase sebesar 86,54% dengan kategori berkembang sangat baik. Jadi ada peningkatan pada awal sebelum tindakan ke siklus I sebesar 4,04% dan dari siklus I ke siklus II ada peningkatan sebesar 37,68%. Pada intinya keterampilan motorik halus siswa dapat meningkat dengan diberikannya layanan penguasaan konten berbantuan menggambar dengan pasir warna. Sehingga hipotesis penelitian yang berbunyi “Layanan Penguasaan Konten berbantuan Menggambar dengan Pasir Warna dapat Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Kelompok B TK Pertiwi 2 Mijen” dapat diterima, karena hasil penelitian yang dilakukan peneliti terhadap keterampilan motorik halus siswa sudah mencapai batas minimal indikator keberhasilan (lebih dari 63%) dengan memperoleh persentase sebesar 86,54% tergolong kategori berkembang sangat baik. Dengan demikian, keterampilan motorik halus siswa TK Pertiwi 2 Mijen tahun pelanajan 2015/2016 meningkat. Berdasarkan pada hasil penelitian tersebut, maka peneliti menyarankan kepada: (1) Sekolah, seharusnya memberikan suatu alat peraga yang mendukung dan menunjang perkembangan anak, terutama dalam perkembangan motorik halusnya. (2) Bagi guru, guru diharapkan dapat memaksimalkan pemberian bimbingan kepada siswa agar dapat membantu siswa dalam meningkatkan keterampilan motoriknya. (3) Bagi siswa, siswa disarankan untuk terus berlatih dan membiasakan diri menggerakkan anggota tubuhnya agar keterampilan motoriknya dapat berkembang.

                      Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                      Additional Information: Pembimbing: Drs. Susilo rahardjo, M.Pd.,Kons
                      Uncontrolled Keywords: Keterampilan Motorik Halus, Layanan Penguasaan Konten dengan Perbantuan Menggambar dengan Pasir Warna.
                      Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
                      Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
                      Depositing User: pustakawan umk
                      Tanggal Deposit: 26 Apr 2017 14:40
                      Last Modified: 26 Apr 2017 14:40
                      URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6839

                      Actions (login required)

                      View Item